Wisma Atlet Tambah 2 Tower untuk Isolasi Pasien COVID-19
flickr.com
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Tower 5 rencananya akan dibuka untuk merawat pasien OTG dengan 1.570 bed telah disiapkan. Selain itu, nantinya akan ada tower untuk merawat WNI yang baru pulang dari luar negeri

WowKeren - Rumah Sakit Darurat (RDS) Wisma Atlet tengah mempersiapkan 2 tower tambahan untuk merawat pasien COVID-19. Rencananya, 2 tower ini akan digunakan untuk merawat pasien tanpa gejala atau OTG.

Selain itu, nantinya akan ada tower yang dikhususkan untuk merawat warga negara Indonesia yang baru pulang dari luar negeri. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo.

"Ada flat 4-5 untuk melayani masyarakat yang positif COVID namun tanpa gejala, flat 6 dan 7 yang melayani masyarakat yang positif COVID degan gejala sedang dan ringan," tutur Doni, Sabtu (12/9). "Serta ada 1 lagi yaitu kawasan Pademangan, yaitu flat atau tower 8-9 yang melayani warga negara kita yang kembali dari sejumlah negara."

Saat ini, RSD Wisma Atlet tengah merawat 1.660 pasien yang mana 52 persen di antaranya merupakan OTG. "Dan sisanya 48 persen adalah yang bergejala," kata Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono.


Tower 5 rencananya akan dibuka untuk merawat pasien OTG. Untuk ini, sebanyak 1.570 bed telah disiapkan. "Sore ini sudah kita siapkan dan siap untuk melayani pasien isolasi mandiri tersebut," kata Ratmono.

Penambahan kapasitas isolasi di dua tower baru tersebut diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kian terbatasnya ruang perawatan pasien COVID-19 di Jakarta. Pasien OTG yang saat ini dirawat di tower 6 dan 7 akan dipindahkan ke tower 5 yang sudah disiapkan.

Sehingga diharapkan tower 6 dan 7 akan bisa menyediakan kapasitas hingga setengahnya lagi. "Kalau kita pindahkan dari tower 6 dan 7 untuk yang tidak bergejala sekitar 700 atau 800 orang, sehingga ini kita masih bisa menampung untuk separuhnya. Jadi kira-kira masih 50 persen kita masih bisa menampung untuk orang-orang tanpa gejala," ujar Ratmono.

Nantinya, Wisma Atlet juga akan menyiapkan tower 4 untuk merawat pasien OTG. "Tentunya ini secara bertahap menunggu dan kesiapan dengan berbagai macam persiapan-persiapan untuk semuanya adalah siap, tidak ada permasalahan dalam proses pelayanan," ungkapnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts