Kabar Baik! Arab Saudi Bakal Buka Umrah Secara Bertahap
Dunia

Arab Saudi yang berencana untuk membuka izin pelaksanaan umrah secara bertahap setelah kerajaan mencabut sebagian penangguhan penerbangan internasional mulai Selasa (15/9) besok.

WowKeren - Kabar baik datang dari Arab Saudi yang berencana untuk membuka izin pelaksanaan umrah secara bertahap. Kebijakan itu dilakukan setelah kerajaan mencabut sebagian penangguhan penerbangan internasional mulai Selasa (15/9).

Hal tersebut diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri Saudi pada Minggu (13/9) setelah 6 bulan memberlakukan pembatasan perjalanan akibat pandemi virus corona. Diketahui, Arab Saudi menangguhkan umrah sepanjang tahun sejak Maret.

Penangguhan dilakukan karena khawatir pandemi virus corona akan menyebar ke kota-kota paling suci Islam. Selain itu, Saudi juga mengurangi jumlah jemaat yang diperbolehkan melakukan ibadah haji pada akhir Juli lalu.


Dimana hanya ada 10.000 umat yang diperbolehkan melakukan ibadah haji tahunan. Padahal tahun lalu, 2,5 juta umat yang berpartisipasi dalam ziarah itu.

Hingga kini, Arab Saudi masih berusaha menahan lonjakan infeksi virus corona. Setidaknya terjadi lonjakan kasus COVID-19 lebih dari 325.000 dan lebih dari 4.200 kematian yang telah tercatat. Angka ini merupakan yang tertinggi diantara negara Timur Tengah lain.

Sebelumnya, "kode" dari Saudi terkait menggelar kembali ibadah umrah telah ditangkap oleh Kementerian Agama. Diketahui, Kemenag tengah menyusun protokol kesehatan untuk penyelenggaraan ibadah Umrah 1442 Hijriah, yang turut pula melibatkan Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim mengatakan, penyusunan dilakukan dalam mempersiapkan penyelenggaraan umrah di tengah pandemi COVID-19. "Saudi belum mengumumkan kapan akan mulai membuka penyelenggaraan Umrah. Sembari menunggu, kami lakukan persiapan, termasuk menyusun pedoman penerapan protokol penyelenggaraan Umrah di masa pandemi," jelas Arfi, dilansir dari laman resmi Kemenag, Jumat (4/9) lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru