Tak Cuma Jawa, Pulau Indonesia Satu Ini Juga Jadi Yang Terpadat Di Dunia
SerbaSerbi

Indonesia tidak hanya mencatat Jawa sebagai pulau dengan penduduk terbanyak. Ternyata, ada pulau lain yang jarang terdengar dan dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia.

WowKeren - Indonesia menjadi negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Posisi Indonesia ini berada di bawah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat (AS). Tak seperti negara lainnya, negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 35 provinsi.

Penduduk Indonesia yang diperkirakan berjumlah sekitar 271 juta jiwa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pulau Jawa menjadi pulau di Indonesia yang mencatatkan jumlah penduduk terpadat di Indonesia, dan bahkan salah satu yang terpadat di dunia.

Namun, ternyata bukan Jawa saja yang dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia dari Indonesia. Rupanya, Indonesia punya pulau lainnya yang tak kalah padat dan selama ini jarang terdengar. Pulau yang dimaksud adalah Pulau Bungin.

Dilansir dari Pariwisata Kabupaten Sumbawa, nama Pulau Bungin sendiri masih terdengar asing. Pulau ini terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Pada awalnya, Pulau Bungin hanyalah sebuah pulau dengan hamparan pasir putih seluas 3 hektare daratan utama. Tetapi seiring dengan bertambahnya penduduk, luas pulau ini pun ikut bertambah dan semakin terlihat padat.

Kepadatan Pulau Bungin rupanya dipicu oleh tradisi dari masyarakat setempat. Disana, setiap pemuda yang ingin menikah wajib menyiapkan tempat untuk membangun atau mendirikan rumah dengan menyusun batu-batu karang di sisi luar pulau.

Akibatnya, pulau ini menjadi sangat padat dan seluruh pulau tertutup bangunan. Bahkan, Pulau Bungin menjadi tidak memiliki lahan hijau serta garis pantai akibat banyaknya rumah-rumah yang dibangun warga setempat.

Saat ini, tercatat setidaknya ada 3.500 orang yang tinggal di Pulau Bungin. Satu rumah bisa diisi hingga tiga kepala keluarga saking padatnya. Padahal, pulau ini sebenarnya hanya berupa gundukan pasir pantai dan karang saja.

Meskipun Pulau Bungin sangat kecil, namun ada 2 dermaga di bagian barat dan selatan. Berkat keunikannya ini, Pulau Bungin sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts