Belajar Sains di Rumah Jadi Makin Asyik dengan 7 Aplikasi Gratis Ini, Download Sekarang Juga!
Tekno
COVID-19 di Indonesia

Belajar Sains di rumah tanpa bantuan guru secara langsung memang bisa sangat menyulitkan. Tapi tenang, sebab ada beberapa aplikasi Sains yang bisa membantumu belajar dengan lebih asyik. Penasaran apa saja itu?

WowKeren -

Kegiatan belajar mengajar di rumah menjadi salah satu pilihan yang diambil pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Sayangnya sistem belajar ini memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah sulitnya siswa dalam menangkap pelajaran karena tidak bertatapan secara langsung dengan guru.

Salah satu pelajaran yang cukup sulit dipelajari tanpa bantuan guru adalah Sains, ilmu yang mempelajari tentang alam semesta dan sisi magisnya. Padahal jika kita sudah terhanyut di dalamnya, Sains akan menjadi salah satu ilmu yang sangat menarik dan seru untuk dipelajari.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi belajar Sains yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jurnal Sains


Jurnal Sains

Jurnal Sains merupakan salah satu aplikasi belajar Sains terbaik di Android dan iOS. Aplikasi ini merupakan buku catatan digital yang ditujukan untuk para peneliti, pengajar, mahasiswa maupun peminat Sains. Dalam aplikasi ini kalian bisa menyimpan catatan, foto dan hasil pengamatan di satu tempat yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Kamu juga bisa menggunakan sensor di ponsel untuk mengukur dan membuat grafik dari berbagai fenomena seperti akselerasi cahaya, bunyi, tekanan udara, gerakan dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan sensor eksternal melalui Bluetooth untuk melakukan berbagai eksperimen menarik tentang hal-hal yang ada di sekitarmu. Menarik banget kan?

2. Star Chart


Star Chart

Aplikasi belajar Sains berikutnya yang WowKeren rekomendasikan adalah Star Chart. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat digunakan untuk memandang bintang dengan lebih jelas. Dengan menggunakan kompas, GPS dan akselerometer, Star Chart akan menghitung waktu secara nyata dan lokasi saat ini dari setiap planet maupun bintang yang terlihat. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui letaknya secara akurat di langit malam.

Aplikasi ini telah dilengkapi dengan lebih dari 120 ribu bintang, sistem tata surya 3D yang dapat dengan mudah dijelajahi, seluruh 88 rasi bintang, katalog Messier, hujan meteor, komet, satelit dan masih banyak lagi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengarahkan perangkat milikmu ke langit dan gunakan sebagai teleskop.

3. NASA


NASA

Ya, NASA tentu saja harus dimasukkan dalam salah satu aplikasi belajar Sains terbaik. Melalui aplikasi ini kamu dapat mengakses berita luar angkasa terbaru secara instan. Di dalamnya terdapat lebih dari ribuan foto nyata yang mengagumkan, melacak satelit model bumi 2D dan 3D, menonton NASA TV hingga mengetahui misi terbaru NASA.

Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa menyaksikan berbagai benda langit seperti bintang, bulan, matahari, meteor hingga asteroid tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Yang tak kalah menarik, kamu juag dapat melihat potensi penampakan mendatang untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional dan mendapatkan pemberitahuannya sebelum terjadi. Dengan beragam fitur tersebut, tak heran kenapa aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android.

4. Khan Academy


Khan Academy

Khan Academy juga dapat digolongkan sebagai salah satu aplikasi belajar Sains terbaik. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android ini menawarkan kursus untuk para siswa dari tingkat SD hingga kuliah. Kursus tersebut mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk Sains yang mencakup Biologi, Kimia dan Fisika.

Melalui aplikasi ini kamu dapat mengasah kemampuan dengan mengikuti latihan, kuis dan tes. Tak perlu khawatir bakal ketinggalan, karena kamu juga akan mendapatkan umpan balik langsung dan petunjuk yang akan diberikan secara bertahap. Yang tak kalah menarik, kamu dibebaskan untuk memilih alur belajar sesuai sekolah maupun berlatih dengan tempomu sendiri.

5. Calculator N+


Calculator N+

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk belajar Sains di rumah adalah Calculator N+. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang layaknya kalkulator untuk melakukan penghitungan manual dari persamaan, turunan dan masalah yang kompleks. Bila perlu, kamu juga bisa menggambar grafik untuk menyelesaikan soal tertentu.

Ada berbagai fitur menarik dalam aplikasi ini yang dapat kamu gunakan, yakni Aljabar, Analytics, Trigonometri, Penentuan Statistik (Kombinasi dan Permutasi), Faktor Perdana, Modulo serta nomor Catalan dan Fibonacci. Sayangnya, aplikasi ini tidak akan memberikan langkah-langkah untuk menyelesaikan persamaan, melainkan hanya menunjukkan hasil akhir.

6. Pahamify


Pahamify

Aplikasi edukasi satu ini diciptakan oleh anak-anak muda Indonesia dengan tujuan menciptakan proses belajar menyenangkan dengan menerapkan metode gamifikasi (pembelajaran seseru bermain game). Sebenarnya aplikasi ini tidak terbatas pada Sains saja, sebab di dalamnya kamu juga bisa mempelajari pelajaran lainnya dalam bentuk video, kuis maupun ringkasan.

Khusus bagi kamu yang ingin masuk ke perguruan tinggi impian, aplikasi ini juga menyiapkan berbagai materi UTBK, PAS, UTS, UNBK hingga ujian mandiri universitas. Yang tak kalah seru, kamu juga bisa berdiskusi dengan pelajar lain di seluruh Indonesia yang menggunakan aplikasi ini. Dengan begitu kamu tak hanya mendapat ilmu pengetahuan, namun juga teman baru dari berbagai daerah.

7. Isotope


Isotope

Isotope adalah aplikasi belajar Sains terakhir yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini cocok bagi kalian yang mengambil jurusan Kimia, Farmasi dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan Isotope menunjukkan segala hal yang berkaitan dengan tabel periodik. Mulai dari informasi nama unsur, massa berat, konfigurasi, titik leleh, titik didih, nomor atom dan berbagai elemen terkait.

Ringkasan data di dalamnya disajikan dalam daftar bergulir dengan halaman rincian untuk setiap Nuklida yang berisi link web ke sumber data terkait. Begitupun dengan Nuklida yang disaring dapat divisualisasikan pada Bagan Nuklida. Yang tak kalah menarik, kamu tidak memerlukan koneksi jaringan saat mengaksesnya karena aplikasi ini mengambil informasi dari database tertanam.

Demikian tujuh aplikasi belajar Sains yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang bisa membantumu belajar Matematika selama pandemi Corona. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi situs belajar bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

You can share this post!

Related Posts