Operasi Yustisi di Kepulauan Seribu, Polisi Temukan 5 Mayat Disimpan Dalam Freezer Kapal Ikan
Nasional

Polisi juga belum bisa memastikan penyebab 5 orang tersebut meninggal. Namun berdasarkan keterangan dari nakhoda, kelimanya meninggal usai menenggak miras oplosan

WowKeren - Lima mayat ditemukan dalam sebuah pendingin (freezer) di kapal ikan KM Starindo Jaya Maju IV. Hal itu terkuak saat Polres Kepulauan Seribu melakukan operasi yustisi di kapal-kapal nelayan pada kamis (17/9).

Adapun dalam patroli itu, polisi hendak mengingatkan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Lalu petugas menemukan kapal dengan ABK yang cukup banyak. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Morry Ermond.

"Kapal ternyata jumlah ABK-nya cukup banyak. Kemudian cek manifes dari sana diketahui nakhoda dan ABK mengakui bahwa ada lima ABK-nya yang meninggal dunia dan ditaruh dalam freezer," kata Morry dilansir Kumparan, Kamis (17/9). "Dari situlah terungkap."

Polisi menghentikan KM Starindo Jaya Maju IV yang saat itu hendak menuju ke darat usai lama berlayar. "Mau kembali ke darat setelah kurang lebih dua bulan berlayar," kata Morry.


Kemudian jenazah segera dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk diautopsi. Sebab polisi juga belum bisa memastikan penyebab 5 orang tersebut meninggal. Namun berdasarkan keterangan dari nakhoda, kelimanya meninggal usai menenggak miras oplosan.

"Keterangan awal dari nakhoda meninggal karena meminum miras oplosan," ujar Morry. "Tapi penyebab kematian akan dipastikan dari hasil autopsi jenazah."

Sementara itu, patroli protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19 memang difokuskan pada kapal-kapal nelayan yang membawa ABK dalam jumlah banyak. Patroli itu bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kita bagikan masker sama imbauan untuk protokol kesehatan pada saat patroli ngecek ke kapal ini," ujar Morry. Lalu setelah itu petugas melakukan pemeriksaan terhadap manifes atau daftar penumpang kapal. Petugas mendapati Kapal ikan KM Starindo Jaya Maju IV adalah kapal dengan ABK yang cukup banyak.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru