Banjir dan Longsor Hantui Jabar, Kepala Daerah Diminta Waspada
Nasional

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta para kepala daerah untuk bersikap waspada dan menyiapkan rencana antisipasi bencana banjir dan longsor yang telah diprediksi BMKG.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar para kepala daerah untuk bersikap waspada dan menyiapkan beragam rencana antisipasi bencana hidrologis, seperti banjir dan longsor. "Sudah diinstursikan agar para kepala daerah untuk posisi waspada dan menyiapkan beragam rencana antisipasi bencana hidrologis yang terukur," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya, Selasa (22/9).

Pasalnya, sejumlah wilayah baru-baru ini terendam banjir seperti yang terjadi di Desa Pasawahan dan Desa Mekarsari di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Sungai Cicatih yang merupakan aliran utama sungai juga meluap mengakibatkan rumah rusak dan beberapa mobil tergenang hingga terbawa aliran banjir.

Tiga orang warga menjadi korban banjir bandang di wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi Senin (21/9). Saat ini ketiga orang korban tersebut masih dalam pencarian personel gabungan Polri, TNI dan Tim SAR.


Terkait bencana tersebut, Kang Emil telah mengutus Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dan BPBD Jabar untuk menyalurkan bantuan dan dukungan kepada para korban dan petugas kewilayahan yang bertugas di sana. "Pemprov Jabar melalui Dinas PU sejak 2 minggu lalu sudah memulai program antisipasi banjir. Mudah-mudahan bisa efektif," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan bahwa Indonesia memasuki musim pancaroba. BMKG memperingatkan potensi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung selama satu minggu ke depan.

"Menyusul rilis BMKG untuk peringatan kewaspadaan selama pancaroba menjelang masuknya musim hujan 2020/2021 yang telah kami sampaikan pada tanggal 7 September 2020 yang lalu," kata Guswanto dilansir Detikcom, Selasa (22/9). "Perlu disampaikan kembali bahwa kewaspadaan terhadap hujan dengan intensitas tinggi tetap perlu terus ditingkatkan."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait