Cocok Buat Diet, 7 Makanan Ini Bisa Bantu Kalian Bakar Lemak Tubuh Dan Tingkatkan Metabolisme
pxhere.com
Kuliner

Ada makanan yang bisa membantu kalian membakar lemak loh. Beberapa makanan ini secara alami membantu tingkat metabolisme kalian meningkat. Metabolisme sendiri merupakan proses yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi.

WowKeren - Memiliki tubuh yang indah tentu menjadi idaman setiap orang terutama wanita. Kaum wanita kerap kali dibikin pusing oleh yang namanya berat badan. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang menurut mereka ideal.

Namun ternyata ada makanan yang bisa membantu kalian membakar lemak loh. Beberapa makanan ini secara alami membantu tingkat metabolisme kalian meningkat. Metabolisme sendiri merupakan proses yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi.

Jika metabolisme lambat sementara kalian tidak mengontrol asupan makanan, yang terjadi adalah kenaikan berat badan. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 makanan yang bisa bantu kalian bakar lemak berikut. Apa saja? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kacang-Kacangan


Kacang-Kacangan
pixabay.com

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang kedelai, kacang merah, dan lainnya merupakan sumber protein nabati yang dapat membantu menjaga berat badan. Pasalnya, serat dan jenis protein dari bahan-bahan nabati membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Metabolisme tubuh yang tinggi membantu membakar lemak lebih cepat dan menjaga kadar insulin tetap seimbang. Kacang juga mengandung sederet vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Jadikan segenggam kacang panggang pilihan sebagai kudapan kalian atau racik semangkuk sup kacang merah untuk menghangatkan perut sebelum tidur.

2. Salmon


Salmon
pxhere.com

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang bagus banget buat menurunkan berat badan. Ian berlemak, seperti salmon mengandung asam lemak omega-3. Senyawa ini terbukti dapat menurunkan peradangan tubuh dan risiko penyakit jantung. Sebagai tambahan, omega-3 juga dapat membantu menurunkan lemak tubuh.

Ikan yang merupakan sumber protein berkualitas tinggi akan meningkatkan rasa kenyang dan laju metabolik tubuh dibandingkan dengan makan lemak atau karbohidrat. Untuk membakar lemak, kalian disarankan mengonsumsi setidaknya 100 gram ikan berlemak dua kali seminggu.

3. Telur


Telur
pxhere.com

Telur memiliki sumber protein yang baik untuk membantu proses penurunan berat badan dan membakar ekstra lemak dalam tubuh. Saat mengonsumsi protein tubuh akan menggunakan lebih banyak kalori untuk memecah protein daripada memecah makanan lain. Protein juga membantu kalian menjaga massa otot lebih baik.

Selain itu, konsumsi cukup protein juga membantu mengurangi rasa lapar berlebihan. Jadi, sertakan protein setiap kali makan, terutama sarapan. Telur bisa menjadi salah satu sumber protein yang kalian manfaatkan, terutama yang diolah menjadi telur rebus. Tak cuma protein, telur juga kaya akan vitamin D yang menurut penelitian juga memainkan peran penting dalam menjaga berat badan.

4. Yogurt


Yogurt
pixabay.com

Meskipun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, namun yoghurt diyakini memiliki mekanisme potensial yang mampu mendukung proses penurunan berat badan loh. Yoghurt disebutkan memiliki cara tersendiri dalam memengaruhi bakteri dalam usus. Cara ini diyakini karena komposisi nutrisi yang dimiliki oleh yoghurt.

Selain itu, bahan dasar yogurt yakni susu juga menjadi alasan utama kenapa makanan ini bisa membakar lemak. Kandungan kalsium dan mineral dalam susu bekerja sama meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk membakar lemak saat tidur. Selain itu, susu juga sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu menjaga kadar insulin tetap rendah.

5. Teh Hijau


Teh Hijau
pxhere.com

Teh hijau terbukti baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah beberapa tipe kanker. Selain mengandung kafein, teh hijau mengandung antioksidan yang meningkatkan pembakaran lemak dan penghilang lemak di perut.

Meskipun demikian, efek dari teh hijau dapat berbeda pada sebagian orang. Minum empat cangkir teh hijau setiap hari memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya meningkatkan jumlah kalori yang tubuh kalian bakar.

6. Gandum Utuh


Gandum Utuh
pixabay.com

Karbohidrat keran dihindari oleh para penjuang diet di luar sana. Padahal selama yang dipilih adalah jenis yang tepat, karbohidrat sebenarnya baik untuk tubuh Anda. Bahkan, karbohidrat adalah salah satu makanan pembakar lemak yang harus kalian tambahkan ke piring makan kalian.

Makanan dengan gandum utuh dan jenis biji-bijian utuh seperti beras merah, beras hitam, beras cokelat, hingga quinoa memiliki serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan tersebut membantu memicu meningkatnya metabolisme tubuh agar dapat mempercepat pembakaran lemak tubuh. Metabolisme tubuh yang tinggi dapat menjaga kadar insulin dalm tubuh tetap rendah.

7. Cabai


Cabai
pixabay.com

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan pedas dari cabai yang mengandung capsaicin dapat mengurangi nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang, dan menekan akumulasi lemak tubuh. Capsaicin sendiri merupakan senyawa aktif yang ditemukan dalam cabai.

Namun demikian, tetap perhatikan kemampuan kalian dalam mengonsumsi cabai, ya. Hindari berlebihan mengonsumsi makanan pedas karena justru berisiko membuat Mama mengalami masalah pencernaan, salah satunya diare.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel