Membanggakan! Ini Satu-Satunya Kampus Di Indonesia Yang Sukses Tembus QS Global MBA Ranking 2021
ugm.ac.id
Nasional

QS Global MBA Ranking merupakan sebuah peringkat yang menilai perguruan tinggi dengan jurusan bisnis terbaik di dunia. Ini satu-satunya kampus di Indonesia yang berhasil menembus peringkat tersebut.

WowKeren - QS Global MBA Ranking merupakan sebuah peringkat yang menilai perguruan tinggi yang memiliki jurusan bisnis atau manajemen terbaik di dunia. Perguruan tinggi top dari berbagai negara di dunia yang memiliki jurusan bisnis terbaik secara otomatis akan masuk dalam daftar peringkat prestisius ini.

Indonesia rupanya juga menyumbangkan salah satu perguruan tinggi negeri di QS Global MBA Ranking. Rupanya Program Magister Manajemen (MM) Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar QS Global MBA World Ranking tahun 2021.

Program MM UGM tercatat masuk ke peringkat 201 dari 250 program MBA terbaik yang ada di dunia. Sebagai informasi, tidak mudah untuk bisa masuk dalam daftar ranking ini. Pasalnya untuk masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia, perlu mendapatkan akreditasi dari berbagai lembaga. Salah satunya adalah AACSB Internasional.

Saat ini tercatat setidaknya ada total 15 ribu lebih sekolah bisnis di dunia. Namun, hanya ada 1.633 sekolah bisnis yang menjadi anggota. Dari jumlah tersebut, perguruan tinggi dengan jurusan bisnis yang sukes mendapatkan akreditasi hanya setengahnnya, yakni 876 yang terakreditasi.

Penilaian untuk dapat masuk dalam ranking ini sendiri terdiri dari lima aspek penting. Diantaranya adalah employability sebesar 40 persen, return on investment sebesar 20 persen, thought leadership sebesar 15 persen, entrepreneurship & alumni outcomes sebesar 15 persen, dan class & faculty diversity sebesar 10 persen.

MM UGM sendiri berhasil mencapai peringkat ke-75 untuk kategori entrepreneurship & alumni outcomes. Sedangkan di bidang thought leadership, UGM menduduki peringkat 178 dunia. Pihak UGM langsung menyambut baik atas keberhasilannya masuk dalam QS Global MBA Ranking 2021.

"Hasil ini menjadi bukti kerja nyata untuk mencapai visi menjadi sekolah bisnis yang tidak hanya unggul dalam hal akademik," ungkap salah satu Board of Directors dari MM UGM, Eduardus Tandelilin seperti dilansir dari laman resmi UGM, Jumat (25/9). "Tetapi juga mendorong praktik bisnis yang etis dan berkelanjutan."

Sementara itu, berikut merupakan daftar 10 besar kampus terbaik untuk sekolah bisnis di dunia versi QS Global MBA World Ranking 2021:

1. Stanford Graduate School of Business (Amerika Serikat)


2.Penn Wharton School (Amerika Serikat)

3. MIT Sloan School of Management (Amerika Serikat)

4. Harvard Business School (Amerika Serikat)

5. HEC Paris (Prancis)

6. INSEAD (Prancis)

7. London Business School (Inggris)

8. Columbia Business School (Amerika Serikat)

9. IE Business School (Spanyol)

10. Haas School of Business (Amerika Serikat)

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait