Ditanya Jokowi Apa Itu Corona, Pedagang Ini Beri Jawaban Mengejutkan
Twitter/setkabgoid
Nasional

Pertanyaan tersebut dilontarkan Jokowi kala menyerahkan bantuan modal kerja kepada sejumlah pelaku usaha mikro dan kecil, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (30/9) siang.

WowKeren - Presiden Joko Widodo memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pelaku usaha mikro dan kecil di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (30/9) siang. Setiap pelaku usaha mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta.

"(Bantuan ini) agar bisa dipakai untuk tambahan modal kerja," tutur Jokowi. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga sempat bertanya kepada para pelaku usaha mengenai virus corona (COVID-19).

"Saya mau tanya dulu sebentar, itu kalau menurut Bapak, COVID-19 itu apa?" tanya Jokowi. "Virus corona itu apa?"

Seorang pedagang ketupat sayur bernama Khaerudin pun memberikan jawaban singkat. "Kalau pendapat saya itu iblis, Pak. Setan, Pak," ujar Khaerudin.

Jawaban Khaerudin yang sehari-harinya berdagang di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, itu pun sempat membuat Jokowi tertawa kecil. "Itu saja?" tanya Jokowi lebih lanjut. "Iya, itu saja," jawab sang pedagang.


Selain itu, Jokowi juga sempat bertanya apakah pandemi corona ini mempengaruhi omzet pedagang ketupat sayur itu. Khaerudin mengaku omzet hariannya menurun, dari yang biasanya Rp 300 ribu menjadi Rp 100 ribu.

Dalam kesempatan yang sama, seorang penjual makanan dan minuman di sekitar Universitas Borobudur Jaktim bernama Nahrawi juga mengaku usahanya menurun akibat pandemi corona. "Biasanya saya bisa (penghasilan) bersih itu Rp 600 (ribu). Karena hampir setiap waktu sebelum corona itu anak-anak driver online itu suka mampir ke tempat saya, kemudian dia suka beli kopi, suka beli teh," ungkap Nahrawi.

Menanggapi curhatan para pelaku usaha ini, Jokowi pun mengajak mereka untuk tetap bekerja keras dan bertahan sekuat tenaga. "Meskipun keuntungannya tinggal separuh atau seperempat, tapi harus tetap bertahan, harus survive. Usahanya masih berjalan, sehingga keadaan normal melompatnya lebih gampang," kata Jokowi.

Sang Presiden juga menekankan bahwa pandemi corona tidak hanya dialami Indonesia saja, namun juga 215 negara lain. Para pelaku usaha baik mikro, kecil, menengah, dan besar juga mengalami kesulitan akibat pandemi ini.

"Saya sangat menghargai kerja keras kita semuanya agar ekonomi kembali normal," pungkas Jokowi. "Kesehatan juga kembali normal seperti sediakala."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait