Bukan PAN Reformasi, Ini Nama Partai Baru Amien Rais
Nasional

Sebelumnya, Amien mengaku dirinya dikeluarkan dari PAN pada Juni 2020 lalu. Sejak saat itu, wacana pembentukan partai baru Amien banyak diperbincangkan dan isunya akan diberi nama PAN Reformasi.

WowKeren - Politisi senior Amien Rais diketahui telah keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang didirikannya dan membentuk partai baru. Amien pun mengumumkan nama partai barunya pada Kamis (1/10) siang ini.

"Mukaddimah Partai Ummat," tutur Amien dalam video di kanal YouTube resminya. Menurut Amien, arti nama ini berkaitan dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman," terang Amien. "Dan menegakkan keadilan."

Lebih lanjut, Amien mengungkapkan bahwa sejarah menunjukkan hanya negara yang bisa melakukan kezaliman kolosal, namun sebaliknya hanya negara pula yang bisa menegakkan keadilan secara merata. Menurut Amien, negara dapat melancarkan berbagai kezaliman, mulai dari kezaliman politik, ekonomi, sosial, hukum, hingga kezaliman kemanusiaan karena memiliki sarana dan aparat yang lengkap, serta kekuasaan yang paling besar.


Namun, tutur Amien, hanya negara pula yang bisa menegakkan keadilan bagi seluruh rakyat. Amien menyebut hal ini tergantung pada pemerintah yang tengah berkuasa. "Apakah sedang membela kepentingan rakyat dan ummat, atau sebaliknya sedang membela kepentingan konglomerat dan korporatokrat?" lanjut tokoh reformasi tersebut.

Pada akhirnya, ujar Amien, umat manusia harus berikhtiar untuk menegakkan keadilan sekaligus melawan kezaliman lewat perjuangan politik. Dengan demikian, Amien mendeklarasikan partai barunya yang bernama Partai Ummat untuk berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal," pungkas Amien. "Akhirnya Iyyaaka na'bud wa iyyaaka nasta'iin. Hanya kepada Allah, kami menyembah, dan hanya kepadanya pula kami memohon pertolongan. Allahu Akbar. Merdeka."

Sebelumnya, Amien mengaku dirinya dikeluarkan dari PAN pada Juni 2020 lalu. Kala itu, Amien mengaku dirinya didepak dari PAN karena perbedaan prinsip.

Sejak saat itu, wacana pembentukan partai baru Amien banyak diperbincangkan. Partai baru tersebut diisukan akan diberi nama PAN Reformasi. Namun demikian, Amien akhirnya memiliki menamakan partai barunya sebagai Partai Ummat.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts