Sempat Dilaporkan Menurun, Kasus Positif Corona Indonesia Kembali Melonjak Tembus 4.538
Reuters/Willy Kurniawan
Nasional

Peningkatan ini menyebabkan Indonesia berada di peringkat ke-21 negara dengan kasus positif terbanyak di dunia. Tak hanya itu, indeks kematian per 1 juta penduduknya juga meningkat.

WowKeren - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, sempat melaporkan bahwa ada penurunan kasus positif di Indonesia. Penurunan ini dilaporkan dengan membandingkan data COVID-19 nasional antar pekan.

"Pada minggu ini, terlihat perkembangan kasus COVID-19 di tingkat nasional lebih baik dari pekan sebelumnya," kata Wiku, Selasa (6/10). "Pada level nasional terjadi penurunan kasus positif sebesar 7,4 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya."

Sempat Dilaporkan Menurun, Kasus Positif Corona Indonesia Kembali Melonjak Tembus 4.538-1

Twitter/BNPB

Namun pada Rabu (7/10) hari ini malah kembali ada peningkatan jumlah kasus positif COVID-19. Dilansir dari data resmi pemerintah yang ditampilkan di situs resmi covid19.go.id atau akun Twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dilaporkan ada 4.538 kasus positif dalam rentang 24 jam terakhir, sehingga totalnya adalah 315.714.

Tambahan hingga 4.500-an kasus ini pun membuat Indonesia kembali "memanjat" daftar negara dengan jumlah kasus Corona terbanyak di dunia. Sampai Selasa kemarin Indonesia masih berada di peringkat 22 dunia, namun per hari ini sudah naik 1 tingkat di atasnya.

DKI Jakarta masih menjadi penyumbang terbesar kasus positif nasional dengan 1.211 pasien. Jawa Barat berada di urutan kedua dengan 752 pasien dan diikuti Jawa Tengah dengan 384 pasien.


Sempat Dilaporkan Menurun, Kasus Positif Corona Indonesia Kembali Melonjak Tembus 4.538-2

Twitter/BNPB

Kenaikan juga dicatatkan dari segi jumlah kasus sembuh, yakni mencapai 3.854 orang hari ini. Dengan demikian jumlah kumulatifnya mencapai 240.291 kasus sembuh COVID-19.

Sedangkan dari segi jumlah kasus meninggal harian tercatat ada penurunan, yakni menjadi 98 dari 121. Sehingga tercatat 11.472 pasien meninggal dunia akibat terinfeksi virus Corona.

Sempat Dilaporkan Menurun, Kasus Positif Corona Indonesia Kembali Melonjak Tembus 4.538-3

Twitter/BNPB

Namun kendati menurun bila dibandingkan kemarin, tingkat kematian akibat COVID-19 per 1 juta penduduk Indonesia malah mengalami kenaikan. Sampai Selasa kemarin indeksnya berada di level 42, sedangkan hari ini 43.

Pengendalian wabah COVID-19 memang masih menjadi pekerjaan besar bagi pemerintah Indonesia. Satgas COVID-19 sendiri sangat menyoroti perihal positivity rate Indonesia yang 3 kali lipat lebih tinggi dari standar global, yakni mencapai 16,11 persen.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru