Kerak Hilang dan Kembali Kinclong, Lakukan 8 Cara Mudah Ini Untuk Membersihkan Kamar Mandi
Unsplash/Francesca Tosolini
SerbaSerbi

Karena cukup melelahkan, tak sedikit orang yang kebingungan saat akan membersihkan kamar mandi. Jika kalian juga merasakan hal ini, sebaiknya ikuti beberapa cara yang telah WowKeren rangkum berikut.

WowKeren - Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang kita gunakan setiap hari. Karena itulah, kamar mandi harus sering dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman dan supaya tidak terlihat menjijikkan. Dengan begitu, kita akan selalu merasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit setiap pergi ke kamar mandi.

Sayangnya, membersihkan kamar mandi terkadang dianggap sebagai kegiatan yang melelahkan dan memberatkan, sehingga tidak sedikit orang yang melakukan pembersihan sekedarnya saja alias tidak menyeluruh. Beberapa lainnya merasa kebingungan harus mulai dari mana karena ada banyak hal yang harus dilakukan saat proses pembersihan.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa cara membersihkan kamar mandi yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Keluarkan Semua Barang dari Kamar Mandi


Keluarkan Semua Barang dari Kamar Mandi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan semua barang yang ada di dalam kamar mandi. Hal ini diperlukan agar barang-barang tersebut tidak menghalangi proses bersih-bersih yang akan kamu lakukan. Letakkan handuk dan pakaian kotor di keranjang khusus lalu keluarkan sampo, sabun, sikat, pasta gigi dan berbagai alat mandi lainnya.

Sembari mengeluarkan barang-barang tersebut, usahakan untuk membersihkan berbagai debu dan kotoran yang menyelip di tempatnya. Setelah itu, pastikan juga untuk membuang botol sabun dan sampo kosong agar tidak memenuhi ruangan.

2. Singkirkan Sarang Laba-Laba di Langit-Langit dan Bersihkan Rak dari Debu


Singkirkan Sarang Laba-Laba di Langit-Langit dan Bersihkan Rak dari Debu

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan sarang laba-laba yang ada di langit-langit kamar mandi. Gunakan sapu panjang dan mulai dari sudut langit-langit menuju bagian tengah. Bersihkan secara menyeluruh dan pastikan sudah tidak ada debu maupun kotoran yang masih tersisa.

Setelah langit-langit, bagian selanjutnya yang harus kalian bersihkan adalah rak maupun kabinet penyimpanan. Untuk membersihkannya kalian bisa menggunakan kain microfiber yang telah diberi dengan sedikit air. Setelah itu, lap kembali dengan kain microfiber kering. Dengan cara ini, bakteri dan debu yang menempel pun akan hilang.

3. Lap Cermin dengan Kain Microfiber


Lap Cermin dengan Kain Microfiber

Cermin merupakan salah satu benda yang paling penting di dalam kamar mandi, karena biasa kita gunakan untuk berdandan atau sekedar bercermin. Sayangnya, embun dan uap air di dalam kamar mandi rentan membuat cermin berjamur. Selain itu, noda membandel yang tertinggal di permukaan cermin akan mempengaruhi kejernihannya.

Karena itu, membersihkan cermin adalah ritual lain dari membersihkan kamar mandi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pertama-tama, lap kotoran dan debu di permukaan cermin menggunakan kain microfiber basah. Setelah itu, semprotkan sabun khusus kaca lalu bersihkan dengan wiper atau kain bersih. Bila kalian memiliki sekat pemisah shower dan toilet berbentuk kaca, kalian bisa membersihkannya dengan cara serupa.

4. Bersihkan Wastafel dari Kerak


Bersihkan Wastafel dari Kerak

Yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah membersihkan wastafel atau saluran air untuk mencegahnya tersumbat. Agar kotoran dan kerak dapat hilang secara maksimal, sebaiknya gunakan cuka putih atau soda kue yang dicampur dengan air panas. Setelah itu kalian hanya perlu menggosok wastafel dengan sikat sampai benar-benar bersih. Jika terdapat noda yang terselip, kalian bisa menyingkirkannya dengan sikat gigi bekas.

Selain wastafel, membersihkan kran juga penting untuk dilakukan. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya gunakan tisu disinfektan sekali pakai dan hindari penggunaan kain untuk mencegah perpindahan kuman dari satu tempat ke tempat yang lain. Yang tak kalah penting, jauhkan benda-benda berserabut karena dapat menghambat saluran dasar kran dan bak cuci.

5. Bersihkan Kloset dengan Sikat dan Sabun Pembersih


Bersihkan Kloset dengan Sikat dan Sabun Pembersih
Shutterstock/Serhii Krot

Sumber bau tak sedap di kamar mandi berasal dari kloset. Tampilannya saat kotor juga akan membuat kita tidak nyaman ketika menggunakannya. Maka dari itu, membersihkan kloset secara rutin sangat penting dilakukan untuk menjaga kehigienisan dan penampilan kamar mandi.

Untuk membersihkannya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menuangkan produk pembersih toilet di pinggiran dan cekungan dalamnya. Biarkan selama beberapa saat lalu sikat dan siram dengan air. Jika masih terdapat noda membandel dan warna toiletnya menguning, sebaiknya tuangkan pemutih pakaian ke dalam kloset, diamkan selama beberapa saat lalu sikat dan siram sampai benar-benar bersih.

6. Sikat Dinding dan Lantai Kamar Mandi Secara Menyeluruh


Sikat Dinding dan Lantai Kamar Mandi Secara Menyeluruh

Dinding adalah bagian dari kamar mandi selanjutnya yang juga harus dibersihkan. Untuk mengawalinya, kamu bisa menyemprotkan sabun pembersih khusus lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah itu gosok dengan sikat sampai bersih lalu bilas menggunakan shower atau air bak.

Selain dinding, kalian juga harus membersihkan lantai agar tidak mudah terpeleset saat berada di kamar mandi. Karena cara pembersihannya mungkin yang paling menguras tenaga, pastikan untuk menyapu lantai terlebih dahulu dan siram dengan air panas untuk meningkatkan efektifitas cairan pembersih yang akan digunakan. Setelah itu tuangkan sabun pembersih di atas lantai, diamkan beberapa saat lalu sikat sampai benar-benar bersih.

7. Bersihkan Grout dengan Baking Soda


Bersihkan Grout dengan Baking Soda
Pixabay/Monfocus

Grout adalah kotoran yang menutupi area antar ubin yang biasanya cukup sulit dibersihkan. Sehingga meskipun keramik di dinding atau lantai kamar mandi kalian sudah kinclong, tampilannya tentu takkan sempurna jika grout masih kotor. Selain itu, grout juga rentan terhadap pertumbuhan bakteri sehingga dapat mengurangi kebersihan kamar mandi kalian.

Untuk membersihkannya, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mencampur air dengan baking soda sampai berbentuk pasta lalu oleskan pada grout sambil tekan secara perlahan. Setelah itu peras cuka putih di atasnya dan biarkan sampai berhenti menggelembung lalu sikat grout untuk mengangkat kotoran. Terakhir, bilas dengan spons dan air hangat lalu tunggu sampai kering.

8. Bersihkan Shower dan Bak Mandi Hingga Sela-Sela Tersempit


Bersihkan Shower dan Bak Mandi Hingga Sela-Sela Tersempit

Kebersihan shower dan bak mandi harus selalu dijaga karena keduanya merupakan benda yang digunakan untuk mengalirkan dan menampung air. Untuk membersihkan shower, sebaiknya gunakan sikat gigi dan sabun pembersih. Sikat shower dan krannya sampai ke sela-sela tersempit dan pastikan semua bagiannya sudah benar-benar bersih.

Sedangkan untuk bak mandi, kalian bisa mengawalinya dengan menuang sabun pembersih lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah itu gosok dengan sikat sampai ke sudut-sudutnya dan bilas dengan air sampai bersih. Terakhir, kalian bisa mengelapnya dengan kain microfiber kering.

Demikian delapan cara membersihkan kamar mandi yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui delapan life hack soda kue yang dapat mempermudah pekerjaan rumah tangga. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara mudah membersihkan ponsel agar terhindar dari bakteri dan virus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait