Prabowo, Sri Mulyani dan Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik Jokowi Berdasarkan Survei
Instagram/prabowo
Nasional

Dalam momen peringatan satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf pada Selasa (20/10) hari ini ini, mari melihat kembali hasil survei kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju yang telah dirilis oleh beberapa lembaga.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah genap memimpin Indonesia selama satu tahun pada Selasa (20/10). Dalam momen peringatan satu tahun pemerintahan Jokowi- Ma'ruf ini, mari melihat kembali hasil survei kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju yang telah dirilis oleh beberapa lembaga.

Ada tiga nama yang selalu muncul sebagai Menteri dengan kinerja terbaik dalam survei sejumlah lembaga seperti Indo Barometer hingga Charta Politika. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Lembaga Indo Barometer merilis survei kinerja Kabinet Indonesia Maju pada momen 100 pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Dalam survei tersebut, Menhan Prabowo menjadi Menteri dengan kinerja paling baik dengan skor 26,8 persen. Kemudian Menkeu Sri Mulyani berada di posisi kedua dengan skor 13,9 persen, dan Menteri BUMN berada di posisi ketiga dengan skor 7,3 persen.

Sementara itu, lembaga Charta Politika merilis survei mengenai kinerja Kabinet Indonesia Maju pada Juli 2020 lalu. Dalam survei Charta Politika ini, Prabowo, Sri Mulyani, dan Erick Thohir lagi-lagi menjadi Menteri dengan kinerja terbaik.

"Kebanyakan nama-nama yang muncul adalah yang memiliki tingkat pengenalan (awareness) yang tinggi," ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya pada 22 Juli 2020 lalu. "Atau pos Kementeriannya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi COVID-19."


Terpilihnya Prabowo, Sri Mulyani, dan Erick Thohir sebagai Menteri dengan kinerja terbaik ini pun bisa dipahami oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. Menurut Burhanuddin, Prabowo sebagai Menhan dinilai memiliki latar belakang yang sesuai, yakni mantan Danjen Kopassus.

Prabowo juga memiliki popularitas tinggi karena telah maju sebagai Calon Presiden (Capres) RI sebanyak dua kali. "Pak Prabowo ini kan kebetulan ditempatkan di posisi yang sesuai dengan portofolio. Pak Prabowo, dia menempati posisi yang sesuai dengan rekam jejak dan passion dia sebagai seorang mantan Jenderal," tutur Burhanuddin.

Sementara itu, Sri Mulyani dinilai berkinerja baik karena dianggap mampu memberikan jaminan terhadap situasi ekonomi di masa sulit seperti pandemi corona saat ini. "(Sri Mulyani) dianggap memberikan garansi atas kebijakan ekonomi yang harus diambil oleh pemerintah terutama di masa pandemi sekarang. Bu Sri bersama dengan BI berhasil menjaga situasi ekonomi sekarang tetap dalam kendali pemerintah. Sehingga memberi keyakinan kepada pasar dan publik," terang Burhanuddin.

Sedangkan Erick Thohir dinilai berkinerja baik karena memiliki peran cukup banyak di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, salah satunya terkait penanganan pandemi corona. Dengan demikian, kinerja Erick mendapat perhatian masyarakat dan tingkat popularitasnya meningkat.

"Pak Erick salah satunya ini menteri yang cukup banyak tugas bukan hanya sekadar yang berkaitan dengan BUMN yang kita tahu bersinggungan dengan sekian banyak isu-isu besar," pungkasnya. "Karena pandemi jadi Pak Erick banyak bersinggungan dengan publik sehingga mengerek approval dia di mata publik."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts