Peringati Hari Dokter Nasional, Jokowi Beri Pesan Ini ke IDI
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Tak hanya sebatas mengembangkan IPTEK di bidang kedokteran, IDI juga memiliki peran untuk turut meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (HUT IDI) ke-70 pada hari ini, Sabtu (24/10). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pengabdian, perjuangan, serta pengorbanan para dokter Indonesia.

"Saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas pengabdian, perjuangan, dan pengorbanan para dokter Indonesia yang berada di garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di seluruh pelosok Tanah Air," kata Kepala Negara. "Memberikan pelayanan di fasilitas kesehatan di kampung-kampung, di perbatasan, di pulau terdepan, dan juga di kawasan terisolir."

Jokowi juga menyampaikan bela sungkawa pada 136 dokter yang telah gugur di tengah pandemi COVID-19 ini. Ia berharap perjuangan para dokter mampu menginspirasi lahirnya rasa saling tolong menolong untuk mengatasi pandemi.

"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa," lanjut Kepala Negara. "Untuk saling menolong, saling peduli, bersatu-padu meringankan beban sesama, bersinergi mengatasi pandemi, dan berjuang bersama untuk pulih dan bangkit."


Lebih jauh, Jokowi juga berbicara mengenai peran IDI. Tak hanya sebatas mengembangkan IPTEK di bidang kedokteran, IDI juga memiliki peran untuk meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

"IDI berada dalam ekosistem yang di dalamnya ada lembaga pendidikan, ada profesi-profesi lain, ada industri, dan sebagainya," ujar Jokowi. "Ini memerlukan sinergi dan kerja sama yang erat sehingga apa yang menjadi tujuan IDI akan bisa tercapai."

Jokowi mengatakan kondisi pandemi memberikan Indonesia banyak pelajaran sehingga bisa dijadikan sebagai momentum untuk melakukan transformasi tak terkecuali dalam bidang kesehatan. "Saya berharap agar IDI menjadi bagian dalam gerbong reformasi sistem kesehatan. Keberhasilan reformasi ini tidak ditentukan oleh kerja pemerintah semata, tapi memerlukan dukungan penuh dari organisasi profesi dan juga masyarakat," lanjut Jokowi.

Ia berharap agar ke depan IDI terus mampu menjadi pelita harapan bagi masyarakat. "Tetaplah menjadi penjaga harapan, berjuang untuk kemanusiaan," katanya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts