Antisipasi Long Weekend, Penumpang KA Diimbau Rapid Test H-1 di Stasiun
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Kahumas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menjelaskan Jumlah pemesanan menjelang long weekend meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa

WowKeren - Menjelang long weekend akhir Oktober ini, jumlah pemesanan tiket kereta api turut terimbas. Untuk kereta api jarak jauh, di wilayah Daop 1 Jakarta, jumlah pemesanan tiket mengalami peningkatan dua kali lipat.

Oleh sebab itu, sebagai langkah antisipasi maka PT KAI mengimbau agar calon penumpang melakukan rapid test di stasiun satu hari sebelum keberangkatan. Penumpang tidak disarankan untuk datang rapid test 3 jam sebelum keberangkatan.

Sebab karena padatnya antrean, dikhawatirkan penumpang yang rapid test pada hari H tidak bisa selesai tepat waktu. Jika sudah begini maka risiko tertinggal kereta juga akan tinggi sehingga bisa merugikan calon penumpang itu sendiri.


Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menjelaskan meski begitu, calon penumpang tidak harus melakukan rapid test di stasiun. Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid test dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00-19.00 WIB serta biaya sebesar Rp 85.000. Jika calon penumpang itu rupanya diketahui reaktif dari hasil rapid test maka tidak diperbolehkan melakukan perjalanan.

"Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid test tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA," kata Eva melalui keterangan tertulis, Minggu (25/10). "Dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100 persen diluar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut."

Jumlah pemesanan, dikatakannya meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Per Sabtu (24/10), jumlah pemesan tiket untuk 27 Oktober sekitar 7.270 orang dan 7.679 penumpang untuk 28 Oktober. Untuk itu, sebanyak 27 perjalanan KAJJ dioperasikan per hari yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota.

"Jumlah rata-rata penumpang per hari pada moment libur panjang tersebut bertambah dua kali lipat lebih jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu pada Jumat (16/10)," lanjut Eva. "Yakni sebesar 2.876 penumpang dengan total KA yang dioperasikan sebanyak 18 KA."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts