Waspada Klaster Liburan: 2 Orang Wisatawan Borobudur Positif COVID-19
Getty Images/Aaron Lavinsky
Nasional

Dua orang itu berasal dari Medan dan Tangerang. Hasil tersebut diketahui usai mereka melakukan rapid dan swab test di Tourist Information Center (TIC) Borobudur.

WowKeren - Pekan ini merupakan momen liburan panjang yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi berlibur. Di tengah kabar bahagia tersebut, muncul kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus corona.

Virus corona dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Sehingga jika protokol kesehatan tidak benar-benar dilaksanakan dengan ketat maka risiko untuk tertular virus akan semakin besar.

Sejumlah lokasi wisata pun memiliki kebijakan untuk menggelar tes secara acak guna meminimalkan risiko penularan. Sebanyak dua orang yang hendak berwisata ke Borobudur rupanya terkonfirmasi positif corona.

Dua orang tersebut berasal dari luar kota, yakni Medan dan Tangerang. Hasil tersebut diketahui usai mereka melakukan rapid dan swab test di Tourist Information Center (TIC) Borobudur, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.


Sebelumnya, tes dilakukan pada 150 pengunjung. enam orang di antaranya menunjukkan hasil yang reaktif. Baru kemudian saat di tes swab ternyata diketahui ada dua yang positif corona. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.

"Dari rapid test yang kami lakukan terhadap 150 sasaran hari ini, ada enam yang reaktif dan dua yang dinyatakan positif berdasarkan hasil swab test," kata dia, Jumat (30/10). "Selanjutnya, mereka kami minta melakukan isolasi mandiri. Dua yang positif itu, berasal dari Medan dan Tangerang."

Setiap hari, Borobudur memang menggelar tes rapid untuk pengunjung. Sejauh ini, pihak mereka melakukan tes cepat kepada 455 orang. 29 orang di antaranya reaktif.

"Rinciannya, hari pertama ada 15 reaktif dan delapan pada hari kedua, serta enam wisatawan pada hari ketiga," tuturnya lagi. "Dari enam yang reaktif pada hari ketiga itu, dua dinyatakan positif."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait