Ada Susi Pudjiastuti Hingga Rudiantara, Sejumlah Mantan Menteri Akan Dianugerahi Bintang Mahaputera
Nasional

Sejumlah mantan menteri Kabinet Kerja akan menerima penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/11) hari ini.

WowKeren - Presiden RI Joko Widodo akan memberikan penghargaan Bintang Mahaputera kepada sejumlah mantan menteri Kabinet Kerja pada hari ini (11/11). Para mantan menteri tersebut akan menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera di Istana Kepresidenan.

Adapun yang menerima penghargaan tanda kehormatan Bintang Mahaputera adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Perhubungan sekaligus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, serta mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sendiri telah membenarkan terkait ketiga nama menteri yang akan mendapatkan penghargaan tersebut. "Pak Jonan, Pak Rudiantara, (Susi), hadir semua," kata Heru saat ditanya kehadiran nama-nama tersebut lewat pesan singkat, Selasa (10/11).


Selain itu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat juga dijadwalkan menghadiri penganugerahan tanda kehormatan tersebut. Heru juga menyatakan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan menghadiri penganugerahan gelar Bintang Mahaputera di Istana. "(Gatot Nurmantyo) hadir. Sudah ambil undangan dan pernyataan kesediaan menerima tanda kehormatan," sambungnya.

Ia juga menambahkan para kepala staf di semua matra TNI pada periode lalu juga akan menerima tanda kehormatan. Mereka telah terkonfirmasi untuk hadir di Istana Kepresidenan. "Mereka hadir. Terdaftar untuk swab," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan alasan Presiden Jokowi menganugerahkan penghargaan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Menurutnya, semua pihak yang pernah masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan hingga satu periode umumnya mendapat penghargaan ini, termasuk Kapolri dan Panglima TNI.

Kapolri, Panglima, begitu pun Kepala Staf dari tiga matra TNI, berhak mendapat Bintang Mahaputera meskipun tak satu periode berada di kabinet menduduki jabatannya. "Kenapa? Karena jabatan Panglima TNI dan Kapolri ini ada periodenya, Presiden mau dipasang, selesai diberhentikan, gitu aja. Oleh sebab itu, Gatot itu termasuk dalam anggota kabinetnya Pak Jokowi yang belum mendapat," tutur Mahfud.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait