Bikin Lebih Nyaman, Ini 7 Tips Mendekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas dan Estetis
pexels.com/Pixabay
SerbaSerbi

Meskipun memiliki rumah yang kecil, Anda dapat menyiasati agar ruang tamu terlihat lebih luas dan estetis. Penasaran bagaimana caranya? Simak beberapa tipsnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Memiliki hunian yang nyaman dan milik sendiri merupakan idaman semua orang. Namun tidak semua orang bisa memiliki rumah yang nyaman, besar dan luas karena tak sedikit dari kita yang memiliki rumah minimalis dan sederhana.

Salah satu ruang di dalam rumah yang memiliki fungsi penting adalah ruang tamu. Meskipun memiliki rumah yang kecil, Anda tetap bisa mendapatkan ruang tamu yang nyaman dan indah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati dan menatanya dengan tepat agar terlihat luas dan lapang.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa cara mendekorasi ruang tamu di rumah yang kecil agar terlihat estetis dan luas. Penasaran bagaimana saja caranya? Intip informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Aplikasikan Warna Pastel


Aplikasikan Warna Pastel
pexels.com/Skitterphoto

Peran warna sangat penting. Tak hanya berfungsi sebagai pemanis ruangan, warna juga dapat digunakan untuk memanipulasi ruangan agar terlihat lebih luas. Sebaiknya dekorasi ruangan dengan berbagai warna kalem atau pastel seperti putih, cokelat susu, krem dan sejenisnya. Cara ini bisa menghadirkan kesan hangat dan lega.

Agar suasananya menjadi lebih hidup dan tidak membosankan, sebaiknya kombinasikan dengan warna ceria yang berani. Ruang tamu yang memiliki warna seperti ini akan terlihat lebih cerah, nyaman dan sedap dipandang.

2. Sesuaikan Sofa dengan Luas Ruangan


Sesuaikan Sofa dengan Luas Ruangan
pexels.com/Jason Boyd

Sofa merupakan salah satu perlengkapan yang wajib ada di ruang tamu. Agar ruang tamu Anda tidak semakin terlihat sempit, sebaiknya hindari penggunaan sofa berukuran besar. Pilihlah sofa yang memiliki dua sampai tiga dudukan atau sofa jenis tuxedo yang berukuran sedang. Setelah itu Anda bisa memadukannya dengan meja jenis coffee table untuk menghemat ruang.

3. Pasang Jendela dan Cermin Berukuran Besar


Pasang Jendela dan Cermin Berukuran Besar
pexels.com/Pixabay

Untuk memunculkan kesan lebih lega, sebaiknya maksimalkan pencahayaan alami di ruang tamu Anda. Caranya mudah, sebab Anda bisa menghadirkan jendela ukuran besar dan memanjang. Dengan banyaknya sinar matahari yang masuk, ruang tamu Anda akan terlihat lebih jauh lebih luas.

Selain jendela, sebaiknya pasang cermin berukuran besar yang berhadapan langsung dengan jendela. Dengan begitu, cermin dapat memantulkan cahaya alami dari luar ke dalam ruangan dengan baik. Sebagai hasilnya, ruang tamu Anda akan terkesan lebih luas daripada aslinya.

4. Letakkan Furnitur Multifungsi


Letakkan Furnitur Multifungsi
pexels.com/Adrien Olichon

Untuk menghadirkan kesan luas di ruang tamu yang sempit, sebaiknya letakkan furnitur multifungsi di dalamnya. Furnitur yang multifungsi akan sangat menghemat ruang dan memudahkan segala urusan Anda. Hal ini dikarenakan Anda tak perlu beranjak jauh karena beberapa barang dapat ditemukan di satu furnitur yang sama.

Misalnya, Anda bisa menggunakan rak penyimpanan yang juga dapat digunakan sebagai penyekat ruangan. Pilih rak penyimpanan dengan desain minimalis namun tetap fleksibel dan fungsional. Atau Anda juga bisa meletakkan bangku kaki yang lengkap dengan penyimpanan tertutup di bagian bawahnya, yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai keperluan sehari-hari.

5. Maksimalkan Fungsi Dinding


Maksimalkan Fungsi Dinding
pexels.com/Taryn Elliott

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang tamu sempit tampak luas adalah dengan memaksimalkan fungsi dinding. Anda bisa meletakkan beberapa rak, jam dinding maupun kotak display untuk memajang koleksi buku, majalah, maupun berbagai perabotan lain.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan lukisan atau bingkai foto di dinding. Letakkan foto-foto tersebut ke dalam bingkai yang memiliki bentuk, warna dan ukuran berbeda. Bebaskan imajinasi Anda dan tata dengan sebaik mungkin agar terlihat seperti rangkaian cerita. Agar tampilannya terlihat semakin menarik, sebaiknya lengkapi dengan lampu atau pencahayaan yang tepat.

6. Pasang Karpet Besar yang Polos


Pasang Karpet Besar yang Polos
pexels.com/Daria Shevtsova

Penggunaan karpet juga sangat penting untuk ruang tamu Anda. Dari segi fungsi, karpet berguna sebagai alas duduk, menciptakan kesan hangat, lembut serta melindungi lantai dari gesekan benda keras. Sedangkan dari segi estetika, karpet dapat membuat ruang tamu Anda terlihat lebih indah dan bergaya.

Untuk ruang tamu minimalis, sebaiknya pasang karpet berukuran besar namun tidak menutupi 50 persen dari area lantai. Selain itu, pilihlah karpet tanpa corak atau polos yang sesuai dengan furnitur di sekitarnya. Dengan demikian, ruang tamu Anda akan terlihat lebih estetis, terkesan luas dan nyaman ditempati.

7. Tempatkan Tanaman Kecil di Sudut Ruangan


Tempatkan Tanaman Kecil di Sudut Ruangan
pexels.com/Pixabay

Tips berikutnya yang sebaiknya Anda terapkan adalah meletakkan tanaman kecil di sudut ruang tamu. Penempatan tanaman ini memiliki banyak fungsi. Seperti menambah kesan asri, sebagai filter udara alami, mengatur suhu udara serta memunculkan nuansa outdoor di dalam ruang tamu yang minimalis. Selain itu, cara ini juga akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih estetis dan sedap dipandang!

Demikian tujuh tips mendekorasi ruang tamu minimalis di rumah yang kecil agar terlihat lebih indah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mendekorasi kamar agar menjadi lebih nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui inspirasi dekor kamar ala-ala tumblr.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait