Ada Sarung Tangan Medis Bekas Didaur Ulang, Masyarakat Diminta Hati-Hati Saat Membeli
Rawpixel/kwanloy
Nasional

Berdasarkan pengakuan dari tersangka, GR rupanya sudah melakoni praktik ini selama sebulan. Bahan baku ia dapatkan dari mengumpulkan limbah sarung tangan.

WowKeren - Polisi baru saja membongkar praktik daur ulang limbah medis yang dibuat seolah-olah baru. Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya menyebut jika produsen sarung tangan medis membuat sarung tangan itu seolah baru lalu dijual ulang.

"Jadi ini berupa rekonstruksi dari sarung tangan yang sudah lama, kemudian dibuat baru dan diedarkan lagi," kata Ulung di Bandung, Jumat (20/11). Praktik itu dilakukan oleh seorang wanita berinisial GR (39).

GR ditangkap di kediamannya pada Kamis (19/11) malam. Saat ini, pelaku sedang dalam proses pemeriksaan. "Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan dari Satreskrim Polrestabes Bandung," katanya.

Berdasarkan pengakuan dari tersangka, GR rupanya sudah melakoni praktik ini selama sebulan. Bahan baku ia dapatkan dari mengumpulkan limbah sarung tangan. Untuk mengumpulkan sarung tangan ini, GR sudah memiliki tim khusus.


"Jadi bekas sarung tangan dikumpulkan lagi, jadi direkonstruksi seolah-olah jadi baru, padahal itu sudah bekas," jelas Ulung. "Ada timnya yang dibuat untuk mencari sarung tangan bekas."

Sarung tangan bekas yang sudah didaur ulang kemudian dijual kembali. Harga yang dipasang mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu per kotaknya. Sejauh ini, GR telah berhasil menjual sebanyak 2,5 ton sarung tangan bekas. Namun untuk siapa sasaran pasti penjualan sarung tangan ini, polisi masih menyelidiki lebih lanjut, kemungkinan tenaga medis.

"Iya kemungkinan, makanya sedang kita dalami apalagi kalau tenaga medisnya tidak tahu," ujarnya. "Kan kita lakukan juga uji lab sarung tangan ini, kebersihannya sampai di mana."

Lebih jauh, Ulung mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, baik dalam membuang sarung tangan bekas maupun saat membeli. "Kami mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sarung tangan sembarangan. Juga hati-hati dalam membeli sarung tangan," ujarnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait