Anies Baswedan Akui Positif COVID-19, Begini Dugaan Kronologi Penularannya
Instagram/aniesbaswedan
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Gubernur DKI Jakarta itu membeberkan dugaan kronologi ia bisa tertular COVID-19 meski selama ini rutin melakukan tes swab. Hasil positifnya sendiri baru diterima Selasa (1/12) dini hari.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi pengumuman mengejutkan pada Selasa (1/12) hari ini. Sebab seolah menyusul sang Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, Anies ternyata dikonfirmasi terjangkit COVID-19 hasil menjalani tes swab pada Senin (30/11).

Lewat video yang diunggahnya di Instagram, Anies pun menegaskan bahwa kondisinya baik-baik saja kendati dinyatakan positif COVID-19. Anies lantas menuturkan bagaimana kronologi hingga ia bisa terinfeksi virus Corona, yang menurutnya kemungkinan tertular dari wakilnya.

"Seperti telah diketahui, bapak Wakil Gubernur beberapa hari lalu beliau terdeteksi positif dan teridentifikasi tertular dari staf pribadi yang dulunya tertular lewat klaster keluarga," ujar Anies sebagai pembukaan videonya. Anies lantas menjelaskan bahwa dirinya secara rutin melakukan tes swab, namun konfirmasi positif COVID-19 membuat mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bergegas melakukan pemeriksaan ulang.


"Swab terakhir itu dilakukan hari Rabu tanggal 25 November yang hasilnya negatif. Tapi setelah mendengar kabar Pak Wagub positif sementara kita ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai dengan protokol kesehatan saya kembali melakukan tes," kata Anies.

"Pada hari Minggu (29/11) saya memulai dengan menjalani swab antigen dan hasilnya negatif. Lalu hari Senin (30/11) saya kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil (swab) antigen hari sebelumnya," imbuhnya. "Dan ternyata, malamnya, dini hari saya mendapatkan kabar hasilnya positif."

Anies lantas segera mengumumkan hasil tes tersebut kepada masyarakat pada Selasa pagi dan berujung dengan berbagai upaya pencegahan penularan sesuai protokol. Termasuk di antaranya mengimbau semua masyarakat yang pernah berinteraksi dengan Anies dalam beberapa hari belakangan untuk melakukan tes swab hingga menutup sementara kantor Gubernur dan Wakil Gubernur.

Meski terpapar COVID-19, Anies memastikan bahwa dirinya dalam kondisi baik-baik saja. "Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala," ungkapnya, seperti dikutip dari Kompas.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts