Presiden Jokowi Bakal Gratiskan Vaksin COVID-19 Untuk Masyarakat
Nasional

Kabar gembira baru saja disampaikan oleh Presiden Jokowi terkait vaksin COVID-19. Pemerintah memutuskan untuk memberikan vaksin secara gratis kepada masyarakat.

WowKeren - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi memberi kabar gembira terkait vaksin Corona. Ia menyebutkan jika vaksin Corona untuk masyarakat akan diberikan secara gratis.

"Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12). "Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali."

Lebih lanjut, Jokowi memerintahkan jajaran kabinetnya dan pemda untuk memprioritaskan program vaksinasi di tahun anggaran 2021. Adapun Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diminta untuk merealokasikan anggaran terkait.


"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ungkapnya.

Keputusan ini diduga karena banyaknya desakan agar menggratiskan vaksin COVID-19 untuk masyarakat. Pasalnya, sejumlah negara telah menggratiskan vaksinnya sedangkan Indonesia menyediakan dua skema vaksinasi COVID-19, yakni gratis dan berbayar.

Sebelumnya, pemerintah telah membuka opsi untuk menambah kuota penerima vaksinasi COVID-19 gratis. "Terakhir diperkirakan ada 182 juta dari semula 107 juta. Jadi sudah naik lagi. Ini juga masih tentatif. Jadi kemungkinan 50-50 persen (50 persen gratis, 50 persen berbayar)," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Senin (14/12).

Di sisi lain, sejumlah rumah sakit di Indonesia telah membuka pre-order vaksin COVID-19 beberapa waktu terakhir. Juru Bicara PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengimbau kepada penyedia layanan kesehatan untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemesanan pre-order Vaksinasi COVID-19 jalur mandiri.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait