Jokowi Resmi Terima Vaksin Corona Perdana: Nggak Terasa Sama Sekali
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional
Vaksin COVID-19

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin COVID-19 produksi Sinovac Tiongkok. Vaksinasi disiarkan secara live pada Rabu (13/1) pagi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima vaksinasi COVID-19 pada Rabu (13/1) hari ini. Berlokasi di Istana Negara, Jakarta, Jokowi akan menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapat suntikan vaksin Corona buatan Sinovac Biotech Ltd., Tiongkok.

Dan vaksinasi pun sudah dilakukan sekitar pukul 09.42 WIB tadi. Proses vaksinasi pun disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Tampak Jokowi menghampiri pos pertama yang sudah disiapkan di teras Istana Merdeka. Jokowi melakukan proses verifikasi data sebelum menuju pos berikutnya untuk skrining kesehatan sebelum vaksinasi.

"Kalau tekanan darahnya di atas 140, tidak diizinkan," jelas tenaga kesehatan yang bertugas, sembari memeriksa Jokowi. Kemudian terungkap tekanan darah Jokowi normal, begitu pula suhu tubuhnya.

Petugas kemudian menanyakan beberapa hal soal kondisi kesehatan sang presiden. Mulai dari riwayat positif COVID-19, gejala seperti demam atau batuk dalam 7 hari terakhir. Jokowi juga memastikan bahwa tidak ada anggota keluarganya yang menderita gejala tersebut.


Petugas juga mempertanyakan soal riwayat penyakit bawaan seperti jantung dan diabetes kepada Jokowi. Skrining kesehatan ini dilakukan sebagaimana rekomendasi PAPDI soal penerima vaksin COVID-19 Sinovac.

Jokowi kemudian menuju pos vaksinasi, di mana telah menunggu 2 vaksinator. "Saya akan mengambil vaksin dari cool box yang akan diberikan kepada Presiden," tutur vaksinator pertama seraya mengambil kemasan vaksin yang masih tersegel dari dalam kotak pendingin.

Proses berjalan selayaknya vaksinasi biasa, yakni dengan usapan alkohol di kulit lengan kiri Jokowi untuk sterilisasi sebelum jarum suntik menembus kulit. Vaksinasi kemudian dilakukan. Tampak tangan sang vaksinator gemetar ketika menyuntikkan vaksin, namun proses vaksinasi berjalan lancar.

"Bagaimana Pak?" tanya sang vaksinator usai melakukan tugasnya. "Nggak terasa sama sekali," jawab Jokowi sembari tertawa kecil.

Dengan demikian Jokowi resmi menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19 Sinovac. Selain Jokowi, beberapa tokoh termasuk Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga akan divaksin hari ini.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts