Ini Syarat Anak Sekolah Bisa Dapat Bansos Sampai Rp2 Juta: Jangan Hobi Bolos!
Nasional

Kemensos menyiapkan bantuan sosial untuk 7 kelompok masyarakat, termasuk anak-anak sekolah tingkat SD sampai SMA. Seperti apa syarat untuk bisa menerima bansos ini?

WowKeren - Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial lewat Program Keluarga Harapan pada 2021 ini. Total ada 7 kelompok masyarakat yang bisa menerima bansos ini, yang terbagi dalam 3 kategori.

Salah satunya adalah kategori pendidikan yang ditujukan untuk anak-anak sekolah. Tak tanggung-tanggung, nilai bansos yang bisa diterima anak-anak sekolah rentang SD hingga SMA ini mencapai Rp2 juta per tahunnya.

Dikutip dari media sosial resmi Kementerian Sosial, bansos kelompok pendidikan ini ditujukan bagi anak-anak berusia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. Mereka juga harus sudah dalam posisi terdaftar sebagai siswa di sekolah atau pendidikan kesetaraan.

Namun ada satu kewajiban yang mesti dipenuhi penerima bansos. Yakni harus terpantau hadir di kelas dengan presentase minimal 85 persen setiap bulannya.

Ini Syarat Anak Sekolah Bisa Dapat Bansos Sampai Rp2 Juta: Jangan Hobi Bolos!

Instagram/kemensosri


Jika kemudian lolos masuk sebagai penerima bantuan, pemerintah akan menyalurkan bantuan dengan nominal yang berbeda di setiap jenjang. Namun kesamaannya bantuan sosial ini dibagikan per 3 bulan selama setahun.

Untuk anak SD, nilai yang diterima adalah Rp900 ribu per tahun, dengan indeks Rp225 ribu per 3 bulan. Kemudian anak SMP menerima Rp1,5 juta per tahun, dengan indeks Rp375 ribu per 3 bulan. Sedangkan anak SMA berhak menerima Rp2 juta, dengan indeks Rp500 ribu per 3 bulan.

Selain anak sekolah, 4 kelompok penerima bansos lain seperti Ibu Hamil, Anak Usia Dini, Lanjut Usia 70+, dan Disabilitas Berat. Indeks penerimaan per tahunnya pun beragam, mulai dari Rp2,4 juta hingga Rp3 juta untuk kelompok ini.

Kemensos sendiri akan menyalurkan bantuan ini dalam bentuk bantuan tunai. Kendati demikian, sebelumnya Mensos Tri Rismaharini sudah pernah mengungkap keinginan untuk membagikan bantuan uang segar lewat transfer rekening.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts