Satgas Larang Masyarakat Gabungkan 2 Lapis Masker Medis, Ini Alasannya
Nasional

Jika Anda terbiasa menggabungkan dua lapis masker medis dengan anggapan lebih ampuh tangkal Corona, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Penasaran kenapa? Simak alasannya berikut ini.

WowKeren - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengingatkan cara penggunaan masker yang benar. Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan efektifitas perlindungan masker guna mencegah penularan virus Corona.

"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting untuk mengurangi risiko tertular dan menularkan COVID-19. Memakai masker dengan benar lebih baik daripada tidak pakai sama sekali," kata Wiku seperti dilansir dari Kumparan, Kamis (18/2).

"Masker bekerja paling baik saat semua orang memakainya, tapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama. Seberapa cocok masker, seberapa baik menyaring udara dan berapa banyak lapisan yang dimiliki, semua penting untuk dipertimbangkan saat akan memilih masker," imbuhnya.

Dalam sebuah penelitian, kombinasi masker dapat memberikan perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan satu jenis masker saja. Namun Wiku mengingatkan agar masyarakat tidak menggunakan dua lapis masker medis sekaligus.


"Jangan gabungkan 2 masker medis bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk menggunakan dua lapis secara bersamaan, karena tidak meningkatkan filtrasi maupun kesesuaian masker," tegas Wiku.

Wiku kemudian meminta masyarakat untuk menggunakan masker yang memiliki kawat pada bagian hidung, yang berguna untuk menutup celah masuk virus. "Penyangga masker juga dapat digunakan agar masker bisa dipakai sempurna dan menyesuaikan dengan bentuk wajah. Gunakan penyangga masker dengan bahan elastis agar tetap nyaman saat digunakan tapi juga selalu tertutup," terangnya.

Ia juga menyarankan masyarakat untuk mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukurannya lebih besar dari wajah. Cara ini penting dilakukan agar hidung dan mulut dapat tertutup dengan sempurna. "Salah satu cara yang baru direkomendasikan CDC adalah dengan memakai masker medis berlapis masker kain," jelasnya.

Lebih lanjut, Wiku meminta masyarakat agar konsisten menggunakan masker dengan cara yang benar. Hal ini berlaku saat berada di tempat umum, berbincang dengan orang lain maupun ketika merawat pasien COVID-19. "Dengan kepatuhan pakai masker yang semakin meningkat, harapannya dapat menurunkan angka penularan sehingga kasus COVID-19 segera turun hingga tidak ada sama sekali," pungkas Wiku.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait