Banjir Rendam Pondok Gede Permai, Menteri PUPR Hingga Pangdam Jaya Tinjau Langsung
eppid.pu.go.id
Nasional
Fenomena Banjir 2021

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kondisi banjir di permukiman Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (20/2).

WowKeren - Banjir tengah melanda Ibu Kota beberapa waktu terakhir. Tak hanya curah hujan, tanggul jebol pun menjadi salah satu penyebab rumah warga terendam.

Seperti yang terjadi di permukiman Pondok Gede Permai, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Genangan air setinggi 1 meter itu sudah masuk ke rumah-rumah warga di Pondok Gede Permai.

Sejumlah warga telah dievakuasi dan tinggal di posko pengungsian di kantor Logistik dan Peralatan BNPB. Namun ada juga warga yang memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun meninjau kondisi banjir tersebut pada Sabtu (20/2). Basuki mengatakan pemerintah menyiapkan penanganan banjir akibat meluapnya Kali Bekasi.


"Ini kan sistem penanganan banjir nggak bisa lokal ini penanganan banjir Kali Bekasi," kata Basuki, Sabtu (20/2). "Kalau dari hulunya Cikeas dan Cileungsi, jadi satu. Total panjang 33 km. Kami sudah dari PUPR membuat rencana sistemik menjadi tujuh paket."

Penanganan banjir ini dilakukan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, yakni Gubernur Jawa Barat, Bupati Bogor, dan Pemkot Bekasi. "Sekarang ini sudah dilaksanakan Januari ini. Ini akan dilakukan dari pertemuan Cileungsi-Cikeas sampai ke Bandung-Bekasi. Jadi kira-kira kiri kanan 20 km. Di sini juga akan ditangani. Jadi dari bendungan ke muara ada enam paket lagi," tambahnya.

Untuk sementara, tanggul yang jebol akan ditutup sementara menggunakan bio bag. Penanganan akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Yang sekarang ini sekitar 60 meter yang roboh kita akan segera tangani dengan bio bag. Sekarang sedang diisi dengan pasir di seberang sana. Jadi nggak perlu menunggu surut," paparnya. "Kalau dengan bio bag pasti ketutup, nggak akan ada yang bocor lagi. Yang perbaikan permanen akan dibuat dengan pembuatan permanen."

Selain Menteri PUPR, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman juga meninjau lokasi banjir tersebut. Tampak juga Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi turut hadir pada kesempatan tersebut.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts