Jalankan Babang Tamvan Record, Andika Eks Kangen Band Sudah Habiskan Dana Rp 2 Miliar?
Instagram/babang_andikamahesa
Musik

Andika eks Kangen band berbagi cerita mengenai pendirian label musik miliknya, Babang Tamvan Record. Andika juga turut menjelaskan mengenai pengeluarannya untuk menjalankan bisnis tersebut.

WowKeren - Andika eks Kangen Band baru saja mengumumkan soal pendirian label musik miliknya, Babang Tamvan Record. Andika mengaku memulai bisnis musiknya ini karena belajar dari pengalaman. Membuat bisnis rekaman musik seperti ini tentu tidak sedikit mengeluarkan uang.

Andika pun menjelaskan pengeluarannya untuk bisnis terbarunya itu. Andika menjelaskan bahwa pengeluarannya tergantung dari hal-hal apa saja yang ia lakukan. Tak mau mengungkap secara detail, Andika menyebut bahwa jika tak dikelola dengan benar, biaya pengeluaran bisa mencapai Rp 2 miliar.

" Ya tergantung lah, kalau misalnya kita nge-boom-nya asal-asalan jangan lagi Rp 1 M, Rp 2 M juga abis," ungkap Andika saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, dilansir dari Detik.com pada Senin (22/2).


Andika kemudian juga menegaskan bahwa di dalam berbisnis rekaman musik, ia perlu mengatur keuangan hingga memilih karya dengan baik. Hal ini juga mempengaruhi pengeluaran untuk biaya produksinya. "Cuma kalau kita manage mau katanya Rp 10 juta juga cukup. Kalau kita manage-nya bener ya, ini oke, ini masuk, gitu," jelas Andika.

Mantan vokalis Kangen Band ini kabarnya sempat sakit hati dengan label musiknya. Tapi kemudian kabar tersebut tak dibenarkan oleh Andika. AIa menegaskan bahwa banyak teman-temannya mengaku label musik kerap bermain curang dengan musisinya. Tak ada transparasi mengenai pemasukan hingga pembagian royalti.

Selain itu, Andika juga bermaksud untuk memberikan wadah musik pada musisi yang hendak mempromosikan karyanya. "Nggak. Kalau sakit hati sih nggak ya. Maksudnya gue, kan denger cerita kanan kiri, banyak beberapa bisnis yang gitu ya," tutur Andika.

"Ada juga dia punya tempat berkarya tapi nggak ada wadahnya. Memang gue punya wadahnya untuk itu. Kenapa gue buka label, ya harus dorong ponakan gue (artis pertama di labelnya) sendiri karena gue mau, ya maksudnya sekarang udah ada wadah nih," pungkas Andika.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts