Masih 'Dihajar' Wabah Corona, Tingkat Kepuasan Publik ke Jokowi Malah Meningkat Menurut LSI
Instagram/jokowi
Nasional

LSI mengungkap bahwa tingkat kepuasan atas kinerja Presiden Joko Widodo malah mengalami peningkatan di tengah pandemi COVID-19. Bahkan tingkat kepuasannya sampai hampir 70 persen.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, sebuah lembaga survei mengungkap tingkat kepuasan kepada Presiden Joko Widodo yang disebut menurun. Namun hasil berbeda ditunjukkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menunjukkan bahwa ada tren peningkatan tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi.

Berdasarkan hasil survei LSI, tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi mencapai 69,8 persen, dengan 57,4 persen di antaranya mengaku cukup puas. Sedangkan 29,3 persen sisanya mengaku kurang atau tidak puas, dengan 0,9 persen lainnya tidak menjawab.

Presentase ini bahkan merupakan yang tertinggi yang diraih sejak 2020 silam. Sepanjang 2020 kemarin, tingkat kepuasan publik atas Jokowi beragam di kisaran 65-69 persen. Meski tetap tingkat kepuasan tertinggi atas kinerja Jokowi tercapai pada September 2018 dengan mencapai 72,4 persen.

Masih \'Dihajar\' Wabah Corona, Tingkat Kepuasan Publik ke Jokowi Malah Meningkat Menurut LSI-1

LSI

Namun meskipun ada peningkatan tren tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi, hasil berbeda ditunjukkan dari segi tingkat kepercayaan lembaga. Presiden malah menempati posisi keempat dari segi tingkat kepercayaan lembaga. TNI berada di urutan pertama, diikuti Gubernur, Bupati/Walikota, baru Presiden, dan Pemerintah Pusat.


Namun sayangnya capaian serupa tak bisa diraih Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu dinilai mampu menunjukkan kinerja yang memuaskan oleh 56,1 persen warga, sedangkan 40,9 persen lainnya memberi penilaian berbeda.

Masih \'Dihajar\' Wabah Corona, Tingkat Kepuasan Publik ke Jokowi Malah Meningkat Menurut LSI-2

LSI

Sedangkan dari jajaran menteri Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih menjadi yang paling dibanggakan publik dengan 75 persen mengaku puas. Sejak menjabat akhir 2019 lalu, kinerja Prabowo sebagai Menhan memang sangat sering dipuji publik.

Namun Prabowo pun harus berhati-hati lantaran posisinya bisa disusul oleh nama-nama baru di Kabinet Indonesia Maju. Seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mendapat indeks kepuasan sampai 69 persen, diikuti Menteri Keuangan Sri Mulyani (68 persen), Menteri Sosial Tri Rismaharini (65 persen), dan Menteri BUMN Erick Thohir (64 persen).

Survei ini sendiri dilakukan dengan 1.200 responden secara tatap muka pada 25-31 Januari 2021. Atas hasilnya, margin of error terhadap sampel mencapai 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. LSI juga melakukan survei terkait nama calon presiden 2024 yang bisa dilihat hasilnya di sini.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait