Ridwan Kamil Dukung Keputusan Pemerintah Soal Mudik Lebaran, Ini Alasannya
Humas Provinsi Jawa Barat
Nasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung keputusan pemerintah yang tidak melarang mudik Lebaran 2021. Penasaran apa alasannya? Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung keputusan pemerintah yang tidak melarang mudik Lebaran tahun 2021 ini. Hal itu dikarenakan penanganan pandemi tahun ini sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Sebagai contoh, pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyebutkan teknologi tes antigen untuk mendeteksi COVID-19 yang belum ada tahun lalu. "Kelebihan tahun 2021 dibanding tahun 2020 ada dua yaitu kita punya teknologi antigen yang melimpah untuk pengetesan di jalan. Dulu kan tidak ada, PCR juga melimpah," kata Emil kepada awak media, Rabu (17/3).

Di samping itu, Emil juga mempertimbangkan faktor vaksinasi COVID-19 yang mulai digencarkan. "Vaksinasi sudah gencar hingga berjuta-juta orang sudah divaksin. Dua peristiwa ini tidak terjadi di 2020," imbuhnya.


Berbekal alasan tersebut, Emil tidak mempermasalahkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Syaratnya, mereka tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Jadi saya tidak masalah silaturahim mudik dibolehkan asal saat ketemu di kampung dan di perjalanan hindari potensi penularan dengan disiplin protokol kesehatan. Pada dasarnya apapun sekarang boleh asal 3M," pungkas mantan Wali Kota Bandung tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyatakan bahwa pemerintah tidak akan menerapkan larangan mudik Lebaran 2021. Kendati demikian, Menhub Budi Karya menekankan bahwa pihaknya akan membuat mekanisme protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus Corona.

"Pada prinsipnya pemerintah melalui Kemenhub tidak melarang," terang Menhub Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI pada Selasa (16/3). "Kami akan berkoordinasi dengan Satgas bahwa mekanisme mudik diatur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing yang akan bepergian."

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait