Jokowi Promosi Vaksinasi Demi Herd Immunity: Yang Namanya COVID Mau Datang, Mental!
BPMI Setpres/Muchlis Jr.
Nasional
Vaksin COVID-19

Sang Presiden kembali menegaskan tujuan vaksinasi COVID-19 yang ditarget selesai tahun 2021 ini, yakni demi mencapai kekebalan komunal alias herd immunity.

WowKeren - Presiden Joko Widodo terus mendorong pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat melalui berbagai kunjungan kerjanya. Termasuk ketika sang RI 1 bertandang ke Maluku Tengah pada Kamis (25/3).

Pada kesempatan itu, Jokowi menegaskan kembali tujuan dari vaksinasi COVID-19 yakni demi mencapai kekebalan komunal alias herd immunity. Kekebalan kelompok ini baru bisa tercapai jika 70 persen penduduk sudah divaksinasi.

Bila sudah sampai di tahap ini, Jokowi menganalogikan Indonesia sudah seperti dilindungi perisai. "Artinya apa? Yang namanya COVID mau datang, bisa mental dan tidak menularkan lagi ke orang-orang, dari warga ke warga," jelas Jokowi ketika meninjau vaksinasi di kediaman Raja Hitu.

Perihal vaksinasi ini, Jokowi tak menampik jika memerlukan waktu yang panjang. Kendati demikian, sang kepala negara optimis menarget vaksinasi COVID-19 bisa diselesaikan pada akhir tahun 2021 ini.

"Target kita akhir tahun insya Allah sudah selesai semua," ujar Jokowi. "Asal vaksinasinya berproses seperti ini terus."


Peninjauan vaksinasi di lokasi ini Jokowi lakukan usai sebelumnya mendatangi RSUP Dr. J Leimena. Di sana Jokowi meninjau vaksinasi massal bagi para tokoh agama, tenaga pengajar dan kependidikan, sampai pekerja publik.

"Tadi disampaikan gubernur bahwa di seluruh provinsi Maluku telah divaksinasi sebanyak 116 ribu dan khusus di Kota Ambon kurang lebih 30 ribu yang telah divaksin," terang mantan Wali Kota Solo itu. "Ini terus berproses."

"Saya berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, para vaksinator yang bekerja keras setiap hari melayani masyarakat yang divaksin," sambungnya. "Dan kita berharap pandemi ini segera selesai dan ekonomi daerah, nasional, ekonomi provinsi bisa bangkit kembali, dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya."

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan harapan supaya RSUP Dr. J Leimena bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan layanan kesehatan yang prima bagi masyarakat terutama di Kota Ambon.

"Ini adalah rumah sakit yang sangat besar," pungkasnya. "Sehingga kita harapkan Indonesia bagian timur bisa dilayani."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts