Terungkap! Ini Peran 4 Terduga Teroris di Makassar yang Berhasil Diamankan Polisi
pixabay.com/Ilustrasi
Nasional

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan peran empat terduga teroris yang berinisial AS, SAS, MR dan AA yang terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) lalu.

WowKeren - Aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3), hingga saat ini masih menjadi sorotan masyarakat bahkan dunia. Diketahui, polisi telah mengamankan empat terduga teroris yang berkomplot dalam peristiwa teror tersebut.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan peran empat terduga teroris yang berinisial AS, SAS, MR dan AA. “Mereka berperan bersama L dan YSM (keduanya pelaku bom bunuh diri), yakni bersama-sama dalam satu kelompok kajian Villa Mutiara,” kata Kapolri dalam keterangan tertulis, Senin (29/3).

Sigit mengatakan, keempat terduga teroris yang ditangkap di Makassar ini berperan memberikan doktrin dan mempersiapkan rencana jihad. Selain itu, mereka juga membeli bahan-bahan peledak untuk disiapkan bom bunuh diri.


Selain Makassar, tim Densus 88 Polri juga melakukan penggeledahan dan penangkapan di dua wilayah, yakni Condet Jakarta Timur dan Bekasi Jawa Barat. Empat terduga teroris ditangkap, yakni A, AH, AJ dan BS, beserta barang bukti bom dan bahan peledak.

“Polisi temukan lima bom aktif. Jenis bom sumbu, 5 Toples besar berisi bahan kimia peledak, sulfur, flash folder, dan termometer," ujar Kapolri. "Bahan-bahan ini akan diolah menjadi bahan peledak Jumlahnya 4 Kg , kemudian ditemukan bahan peledak lain dengan Jumlah 1,5 Kg."

Selain itu, polisi juga melakukan penangkapan lima terduga teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia mengatakan, kepolisian akan terus mengejar kelompok-kelompok teroris dan mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri di Makassar.

Meski begitu, ia meminta agar masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa, tetap tenang, dan jangan panik. “Saya imbau masyarakat tetap tenang, tidak usah panik, terkait masalah teroris merupakan tugas kami untuk mengusut tuntas,” kata Kapolri.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait