Tangsel Masuk Daftar 10 Zona Merah Corona RI, Satu-Satunya Di Pulau Jawa
Pexels/August de Richelieu
Nasional

Sementara itu, zona merah paling banyak berada di provinsi Kalimantan Tengah. Masih ada empat kabupaten/kota berstatus zona merah di Kalteng, yakni Barito Timur, Kota Palangkaraya, Kapuas, dan Tanah Laut.

WowKeren - Perkembangan situasi virus corona (COVID-19) di Indonesia belakangan ini kian membaik. Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 per 4 April 2021, jumlah kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah alias berisiko tinggi penularan corona di seluruh Indonesia kini tinggal 10.

Di pulau Jawa, Tangerang Selatan di provinsi Banten menjadi satu-satunya wilayah zona merah. Sedangkan provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta kini telah bebas zona merah. Kebanyakan kabupaten/kota di pulau Jawa kini berstatus sebagai zona oranye atau berisiko sedang penularan COVID-19.

Sementara itu, zona merah paling banyak berada di provinsi Kalimantan Tengah. Masih ada empat kabupaten/kota berstatus zona merah di Kalteng, yakni Barito Timur, Kota Palangkaraya, Kapuas, dan Tanah Laut.

Lalu disusul oleh Bali yang mencatat adanya tiga zona merah, yakni Badung, Gianyar, dan Buleleng. Di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram menjadi satu-satunya wilayah zona merah COVID-19. Sedangkan di Kepulauan Bangka Belitung, zona merah tercatat di Belitung.


Sementara itu, provinsi DKI Jakarta mencatatkan lima zona oranye pada pekan ini, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Sedangkan Kepulauan Seribu menjadi satu-satunya wilayah DKI yang menjadi zona kuning atau berisiko rendah COVID-19.

Di sisi lain, Indonesia mencatatkan delapan wilayah zona hijau COVID-19 pada pekan ini. Satu zona hijau, yakni Dogiyai di Papua, berstatus tidak terdampak COVID-19.

Sedangkan tujuh wilayah zona hijau lainnya berstatus tidak ada kasus COVID-19. Antara lain Nias Barat, Nias Utara, dan Nias Selatan di Sumatera Utara; lalu Yahukimo dan Mamberamo Raya di Papua; serta Pulau Taliabu di Maluku Utara dan Seram Bagian Timur di Maluku.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 per 6 April 2021, jumlah kumulatif kasus positif di Tanah Air telah mencapai 1.542.516 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus aktif COVID-19 kini mencapai 114.566 pasien alias 7,4 persen dari jumlah kumulatif.

Sementara itu, total jumlah orang yang telah menjalani pemeriksaan COVID-19 kini mencapai 8.745.068 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 8.151.909 orang yang menjalani tes swab PCR dan TCM, serta 593.159 orang yang menjalani tes antigen.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru