Begini Pesan Menhub Untuk Penumpang Bus yang Ikuti Tes GeNose
genose.ugm.ac.id
Nasional

Dalam Rakornis Perhubungan Darat Tahun 2021 yang digelar secara virtual pada Kamis (8/4), ditampilkan pula pemantauan penggunaan GeNose perdana di Terminal Terpadu Merak, Banten, dan Terminal Leuwi Panjang, Bandung.

WowKeren - Skrining virus corona (COVID-19) buatan Universitas Gadjah Mada (UGM), GeNose, turut tersedia di terminal bus penumpang mulai Kamis (8/4) hari ini. Layanan GeNose baru tersedia di terminal Tipe A yang berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP).

"Penggunaan alat GeNose resmi digunakan di terminal Tipe A," terang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rakornis Perhubungan Darat Tahun 2021 yang digelar secara virtual pada Kamis hari ini.

Dalam Rakornis virtual tersebut, ditampilkan pula pemantauan penggunaan GeNose di Terminal Terpadu Merak, Banten, dan Terminal Leuwi Panjang, Bandung. Budi sempat menyapa petugas yang memantau pemeriksaan GeNose perdana di kedua terminal tersebut.

Berdasarkan keterangan petugas di lokasi, tes GeNose di terminal Leuwi Panjang digelar secara random alias acak kepada calon penumpang. Budi pun menyampaikan pesan terkait pelaksanaan tes GeNose tersebut.


"Jadi tolong lakukan, tapi untuk random juga dilihat kira-kira siapa yang potensial, katakanlah mereka yang agak lemas dan batuk-batuk," jelas Budi Karya. "Nah, itu diajak untuk periksa karena indikasi mereka yang terkena COVID biasanya batuk, lemas. Jangan semua orang yang datang dilakukan GeNose."

Para calon penumpang disebut antusias menyambut tes GeNose di terminal tersebut. Apalagi mereka tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Sementara itu, seorang calon penumpang yang menjalani tes GeNose di Terminal Terpadu Merak membagikan pengalamannya. Penumpang tersebut hendak berangkat dari Depok menuju Lampung.

"Kebetulan baru pertama kali saya ngikutin GeNose, biasanya rapid test biasa atau rapid antigen dan segala macam. Kebetulan di terminal kan ada acara GeNose, saya baru pertama kali (jalani tes GeNose)," ungkap penumpang tersebut. "Tadi dites sama petugasnya, Alhamdulillah hasilnya negatif Pak."

Budi lantas berpesan kepada penumpang tersebut untuk menceritakan pengalamannya tes GeNose kepada orang lain. "Kamu nanti mesti cerita-cerita sama orang lain bahwa ini produk dalam negeri dan juga dipakai itu convenient, cepat, murah lagi. Kan kalau di sana (terminal) masih gratis ya," pungkas Budi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait