Menkeu Sri Mulyani Minta Negara-Negara G20 Pahami Pentingnya Akses Vaksin COVID-19
kemenkeu.go.id
Nasional
Vaksin COVID-19

Menkeu Sri Mulyani menekankan G20 untuk bisa memfasilitasi akses vaksin COVID-19 bagi setiap negara. Hal ini dilakukan agar setiap negara memiliki persediaan vaksin COVID-19 yang memadai.

WowKeren - Baru-baru ini Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta negara-negara G-20 untuk memahami pentingnya akses terhadap distribusi vaksin COVID-19. Sri Mulyani meminta agar negara-negara G-20 bisa adil bagi seluruh negara.

Maka dari itu, Sri Mulyani menekankan G20 harus bersama-sama memfasilitasi akses vaksin COVID-19 secara global. Hal ini disampaikannya dalam forum "The 2nd G20 Finance & Central Bank Ministers Meeting" secara virtual, Rabu (7/4). Menurutnya, vaksin merupakan kebutuhan publik, maka dari itu semua negara harus memiliki akses yang sama.

"Karena itu, G20 harus menggarisbawahi pentingnya upaya kolektif kita untuk memfasilitasi akses yang adil dan cepat terhadap COVID-19 yang aman, efektif, dan terjangkau untuk semua," ujar Sri Mulyani. "Kami tentu menyambut baik upaya global ke arah ini."

Sri Mulyani mengungkapkan kekhawatirannya jika komitmen terkait dengan persediaan vaksin COVID-19 tidak terpenuhi dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan global. Maka dari itu, negara G20 harus mengingat bahwa pandemi di setiap negara bisa berakhir, jika telah teratasi dengan baik.


Lebih lanjut, Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa Indonesia telah menerapkan beberapa kebijakan dan menstimulus beberapa sektor yang terkena dampak dari pandemi COVID-19. Hal itu dilakukannya agar keadaan perekonomian di Indonesia bisa kembali bangkit.

Sampai saat ini, Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan fiskal yang signifikan bagi perekonomian tahun 2021. Dalam memberikan dukungan fiskal yang signifikan, Sri Mulyani menerapkan kebijakan defisit anggaran sebesar 5,7 persen. Ia mengatakan bahwa semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah bertujuan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain itu, kebijakan yang diterapkan Sri Mulyani juga untuk memulihkan kepercayaan sektor swasta. Karena menurutnya, kepercayaan dari sektor swasta sangat penting dalam pemulihan perekonomian.

"Kami memahami bahwa memulihkan kepercayaan sektor swasta itu sangat penting, pendekatan yang fleksibel untuk memfasilitasi pemulihan bisnis juga sangat penting," pungkas Sri Mulyani. "Kami terus memberikan dukungan agar kepercayaan itu dapat terbangun."

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts