Sudah Jadi Tersangka, Jozeph Paul Zhang 'Mengaku Nabi ke-26' Pede Tak Perlu Dibela
YouTube/Jozeph Paul Zhang
Nasional
Penistaan Agama Jozeph Paul Zhang

Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai Nabi ke-26 ternyata telah ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama oleh polisi. Begini penuturan selengkapnya.

WowKeren - Kasus penistaan agama yang menjerat YouTuber Jozeph Paul Zhang terus bergulir panas usai polisi menegaskan siap melibatkan Interpol. Pasalnya dalam pengakuan terakhirnya, Jozeph yang ternyata bernama asli Shindy Paul Soerjomoeljono ini mengaku sudah melepaskan statusnya sebagai WNI.

Dan kini terungkap bahwa polisi sudah menetapkan Jozeph sebagai tersangka. "Iya sudah (tersangka), kemarin," tegas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono, Selasa (20/4).

Menurut Rusdi, Jozeph bisa dijadikan tersangka karena diduga melakukan ujaran kebencian melalui video di YouTube-nya. Selain itu, Jozeph juga melontarkan sejumlah kalimat yang bersifat penodaan agama.

Menanggapi konten Jozeph yang luar biasa kontroversial ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah melakukan sejumlah tindakan seperti memblokir videonya. "Pada tanggal 19 April 2021, 7 konten di YouTube tersebut telah diblokir dan tidak dapat diakses lagi oleh warganet," ujar Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi, Selasa (20/4).


Namun nyatanya Jozeph tidak tinggal diam atas kasus penistaan agama yang menjeratnya. Meski mengaku mendapat tekanan dari gereja-gereja Indonesia, Jozeph meminta agar tak ada pihak yang membelanya.

Permintaan ini semata karena ia tak ingin ada yang saling memaki. Namun rupanya Jozeph tak mempermasalahkan jika ada umat Kristiani yang lantas berdebat dengan Muslim karena masalah pernyataannya yang kontroversial.

"Intinya begini supaya jangan kecewa juga, ini bukan masalah perasaan tetapi kita melakukan apa yang menjadi kewajiban kita semua. Teman-teman juga makanya saya bilang jangan berantem ya," kata Jozeph dalam videonya, seperti dikutip dari Detik News.

"Jangan berantem untuk membela saya. Nggak boleh. Apalagi sama keluarga, nggak boleh," imbuhnya. "Karena itu... hati-hati... Anda boleh berdebat gila-gilaan sama orang Islam tetapi begitu sama orang Kristen kalau bisa hindarin untuk saling memaki."

Jozeph Paul Zhang menjadi sorotan usai mengunggah video kontroversial, di mana ia mengaku sebagai Nabi ke-26. Tak hanya itu, Jozeph juga menantang bagi siapapun yang bisa membawanya ke jalur hukum untuk kemudian mendapat hadiah tunai Rp1 juta.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts