9 WN India Dinyatakan Positif COVID-19 Usai Tiba di Indonesia, Begini Penjelasan Bandara Soetta
commons.wikimedia.org/Davidelit
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Sembilan dari ratusan warga negara India yang tiba di Indonesia pada Kamis (22/4) dinyatakan positif COVID-19. Lantas, bagaimana mereka bisa lolos dari pemeriksaan Bandara Soekarno Hatta?

WowKeren - Pada Kamis (22/4), ratusan warga negara (WN) India dilaporkan memasuki Indonesia meski negaranya sedang dilanda "tsunami COVID-19". Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terdapat 9 WN India yang positif Corona usai tiba Indonesia.

Setelah kecolongan, pihak Bandara Soekarno Hatta (Soetta) menjelaskan bahwa WN India yang memasuki Indonesia telah mengantongi surat keterangan PCR Swab dengan hasil negatif. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta, Darmawali Handoko.

"Saat tiba di Indonesia, mereka memegang surat keterangan swab PCR dengan hasil negatif dan masih valid masa berlakunya," kata Darmawali, dilansir dari Okezone, Jumat (23/4).

Selain itu, ratusan WN India tersebut juga telah diperiksa kembali oleh tim medis di Bandara Soekarno Hatta untuk mendeteksi gejala COVID-19. Dari hasil pemeriksaan, tim medis tidak menemukan gejala yang berkaitan dengan penyakit tersebut.


Darmawali menjelaskan, "Mulai dari suhu tubuh, lalu saturasi oksigen, mereka sesak atau tidak. Semua menunjukan gejala normal."

Mereka kemudian menjalani tes swab PCR untuk memastikan bebas tidaknya dari COVID-19. Baru setelah itu WN India diarahkan untuk menjalani karantina mandiri selama 5 hari di hotel yang telah ditentukan.

"Kalaupun katanya Gugus Tugas penanganan COVID-19 ditemukan 9 orang positif, berarti langkah selanjutnya mengecek adakah varian baru dalam virus COVID-19 yang mereka bawa," pungkas Darmawali.

Sementara itu, Kemenkes tengah memperketat pengawasan terhadap para WN India tersebut. Mereka menaruh perhatian khusus setelah India memecahkan rekor dunia dengan konfirmasi 315 ribu lebih kasus positif dalam sehari.

Untuk mencegah penularan lebih jauh, pemerintah Indonesia telah melarang WN India memasuki Indonesia dengan menghentikan pemberian visa bagi mereka. Kendati demikian, WNI di India tetap diizinkan pulang ke Tanah Air dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts