Sudah Terlepas Dari Kotak, Awak KRI Nanggala-402 Diduga Gagal Gunakan Escape Suit
Instagram/tnilovers18
Nasional

Menurut KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, baju keselamatan alias escape suit seharusnya tersimpan rapi di dalam kompartemen khusus. Namun kapal milik Singapura menemukan escape suit yang terlepas dari kotaknya.

WowKeren - Tim gabungan telah menemukan sejumlah barang dalam proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Salah satunya adalah baju keselamatan alias escape suit yang biasa digunakan awak kapal dalam menghadapi situasi kedaruratan.

Menurut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, keluarnya escape suit dari kotak penyimpanan merupakan indikasi bahwa situasi kedaruratan sempat terjadi di KRI Nanggala-402. Namun situasi kedaruratan tersebut sepertinya tak tertangani hingga para awak kapal gagal mengenakan escape suit tersebut.

"Harusnya ini tersimpan di kotak, dipakai ketika terhadap kedaruratan," jelas Yudo dalam keterangan pers pada Senin (26/4). "Karena ini lepas berarti di situ sempat terjadi kedaruratan kemudian mungkin enggak sempat pakai atau saat pakai goyang, sehingga lepas. Ini lepas dari kotaknya."


Lebih lanjut, Yudo mengungkapkan bahwa escape suit tersebut ditemukan oleh kapal MV Swift Rescue milik Singapura dalam proses pencarian pada Sabtu (24/4) lalu. Apabila tidak ada situasi darurat, maka escape suit akan tersimpan rapi dalam kompartemen khusus.

"Ini baju escape yang biasanya ditaruh di kotak tapi ini bisa lepas, berarti ada kedaruratan. Sehingga diambil dari kotak akan dipakai kemungkinan belum sempat pakai, kondisinya sudah darurat, sehingga ini bisa lepas," terang Yudo. "Ini yang diambil dari (kapal) Swift Rescue tadi."

Di sisi lain, MV Swift Rescue juga telah mengeluarkan ROV untuk menindaklanjuti kontak bawah air yang sebelumnya telah ditemukan oleh KRI Rigel. Saat diturunkan ROV milik MV Swift Rescue, terlihat beberapa bagian kapal selam KRI Nanggala-402.

Berdasarkan hasil pendeteksian dan temuan ROV MV Swift Rescue, KRI Nanggala-402 disebut telah terbelah menjadi tiga bagian. Puing-puing kapal juga ditemukan seperti kemudi, badan kapal, hingga escape suit tadi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait