Menhan Prabowo Siap Beri Beasiswa Sampai Kuliah untuk Anak ABK KRI Nanggala-402 yang Gugur
Instagram/prabowo
Nasional

Jubir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menuturkan sang menteri siap memberikan beasiswa untuk putra-putri awak KRI Nanggala-402 yang telah gugur.

WowKeren - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ikut berduka atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402. Diketahui puluhan prajurit Hiu Kencana TNI AL itu dinyatakan gugur setelah KRI Nanggala-402 dikonfirmasi karam di kedalaman 838 meter.

Atas peristiwa ini, Prabowo pun berusaha berkontribusi terutama untuk masa depan putra-putri dari para prajurit. Yakni dengan memberikan beasiswa sampai jenjang universitas kepada keluarga para prajurit yang telah gugur itu.

"Menteri Pertahanan @prabowo menyampaikan akan memberikan beasiswa sampai universitas kepada seluruh putra-putri prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala 402 yang gugur dalam tugas sebagai kusuma bangsa," tulis Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Twitter-nya, Senin (26/4). "Teruslah berpatroli dalam keabadian wahai prajurit, doa kami selalu menyertai."

Prabowo sendiri tampak menyambangi rumah keluarga awak KRI Nanggala-402 yang telah ditinggalkan. Tampak Prabowo ikut berusaha memberikan ketenangan bagi keluarga para prajurit yang disebut dalam patroli abadi tersebut.


Twitter/Dahnilanzar

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala-402 yang ditetapkan bersamaan dengan karamnya kapal selam tersebut. "Pengabdian saudara-saudara akan terpatri di sanubari rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan yang Maha Esa," kata Jokowi, Senin (26/4).

Sebagai tanda jasa, Jokowi akan memberikan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena. Tak hanya itu, Jokowi juga memastikan pemerintah akan menjamin biaya pendidikan anak-anak para prajurit hingga tingkat sarjana.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat 1 tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut. Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1," tegas Jokowi.

KRI Nanggala-402 adalah salah satu dari 5 kapal selam yang sudah mulai beroperasi di Indonesia sejak 1981 silam. Meski sudah sangat senior, TNI memastikan kondisinya masih sangat prima. Sejak bertugas, KRI Nanggala-402 kerap terlibat dalam misi intelijen sampai membuat negara lain kelimpungan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait