Gempa Sumbar Terjadi di Zona Megathrust, BMKG Ungkap Potensi Guncangan Besar
Nasional
Bencana Gempa 2021

BMKG menganalisis gempa Tuapejat, Sumatera Barat (Sumbar) yang terjadi pada Rabu (5/5) pagi berpotensi menyebabkan guncangan besar karena berada di zona megathrust.

WowKeren - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,8 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 5,7 mengguncang Tuapejat, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (5/5) pagi. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) gempa ini berpotensi menyebabkan guncangan besar karena berada di zona megathrust.

Diketahui, gempa ini terjadi pada pukul 08:24:35 WIB pagi tadi. Episenter gempa terletak di koordinat 2,06 Lintang Selatan dan 99,59 Bujur Timur dengan kedalaman 41 km.

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di bidang kontak antar lempeng atau biasa dikenal sebagai zona megathrust," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Rabu (5/5).

Daryono menambahkan, "Gempa ini memiliki mekanisme sumber pergerakan naik (thrust fault) yang merupakan salah satu indikasi kuat bahwa gempa ini memang terjadi di zona megathrust."


Dia menerangkan bahwa gempa ini merupakan gempa signifikan kedua selama bulan Mei 2021. Sebab pada Senin (3/5) lalu, Pulau Sipora juga dilanda gempa dengan kekuatan cukup besar dengan magnitudo yang sama.

"Pulau Sipora yang menjadi pusat 2 gempa signifikan dalam 3 hari terakhir, terletak pada Segmen Megathrust Mentawai-Siberut yang memiliki magnitudo tertarget mencapai 8,9," jelas Daryono.

Dia melanjutkan, "Sebelumnya Pulau Sipora juga sudah beberapa kali diguncang gempa kuat seperti pada: 8 Desember 1972 (Mag. 6,1), 11 Mei 1994 (Mag. 6,6), 25 Februari 2008 (Mag. 7,2), dan 3 Maret 2009 (Mag. 6,2)."

Karena itulah Daryono meminta masyarakat untuk mewaspadai terjadinya gempa susulan dengan guncangan yang besar. "Gempa dengan kekuatan signifikan magnitudo 5,7 pagi ini tentu patut kita waspadai bersama karena di zona ini merupakan kawasan seismic gap Sumatera yang berpotensi terjadinya gempa besar," pungkasnya.

Sebelumnya gempa dengan kekuatan magnitudo 5,7 juga mengguncang Halmahera Barat, Maluku Utara, sekitar pukul 06:59 WITA atau 05:59 WIB. Guncangan gempa ini dapat dirasakan hingga Manado, Bitung dan Ternate.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts