Masjid Istiqlal Tak Jadi Gelar Salat Idul Fitri Berjamaah Tahun Ini
commons.wikimedia.org/Midori
Nasional
Idul Fitri 2021

Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menyatakan bahwa keputusan Masjid Istiqlal untuk tidak menggelar Salat Id berjamaah tahun ini sudah resmi.

WowKeren - Masjid Istiqlal sempat disebut akan menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah berjamaah secara terbatas dengan kuota maksimal 5 ribu orang. Namun kekinian, Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menyatakan Salat Id berjamaah tidak jadi dilaksanakan.

"Info terakhir, tahun ini Istiqlal tidak melaksanakan (salat) Idul Fitri," tutur Abu dalam keterangannya, Selasa (11/5). Menurut Abu, salat Id berjamaah tidak digelar tahun ini karena situasi pandemi virus corona (COVID-19).

Pihak masjid juga mematuhi arahan pemerintah terkait panduan beribadah di masa pandemi. Abu mengatakan bahwa keputusan Masjid Istiqlal untuk tidak menggelar Salat Id berjamaah tahun ini sudah resmi. "Resmi," kata Abu.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan panduan tata cara salat Idul Fitri di masa pandemi lewat Surat Edaran Nomor 07 tahun 2021. Wilayah yang berstatus zona merah (risiko tinggi COVID-19) dan zona oranye (risiko sedang COVID-19) tidak diperkenankan menggelar Salat Idul Fitri di masjid atau lapangan terbuka.


"Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat diadakan di masjid dan lapangan hanya di daerah yang dinyatakan aman dari COVID-19, yaitu zona hijau dan zona kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang," demikian kutipan SE tersebut.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan sejumlah larangan terkait Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya adalah warga tidak boleh melakukan ziarah ke makam selama Lebaran.

Karena itulah, Anies mengumumkan penutupan kunjungan tempat pemakaman umum (TPU) pekan ini. Bukan cuma di Ibu Kota, penutupan TPU ini juga akan dilakukan di seluruh wilayah Jabodetabek.

Bukan cuma itu, sang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga meminta masyarakat untuk berkegiatan di rumah saja selama libur Lebaran. Bahkan open house, silaturahmi ke tetangga, atau halalbihalal juga sebaiknya ditiadakan.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts