Gojek-Tokopedia Resmi Merger Menjadi GoTo, Alibaba Hingga Google Jadi Investor
YouTube/GojekIndonesia
Nasional

Kabar merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo sudah kencang berhembus sejak beberapa waktu lalu. Gojek Indonesia pun merilis video GoTo di kanal YouTube resminya pada Senin (17/5) hari ini.

WowKeren - Dua perusahaan rintisan asli Indonesia, GoJek dan Tokopedia, resmi merger menjadi grup teknologi gabungan GoTo. Hal ini terungkap dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Gojek Indonesia pada Senin (17/5).

"GoTo, sebuah ekosistem yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari & mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital," demikian keterangan yang tertulis di kolom deskripsi. "Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa."

Video tersebut menunjukkan kolaborasi Gojek dan Tokopedia di setiap layanannya. Salah satunya adalah mitra Gojek yang mengantarkan paket dari Tokopedia.

"Kami memutuskan untuk bersatu agar menjadi lebih kuat. Dengan gotong royong, semangat Indonesia dalam bekerja bersama," ujar narasi video tersebut. "Demi memperluas kesempatan hidup lebih baik bagi semua orang."

Kedua perusahaan lokal itu disebut bersiap mengubah dunia global. Mereka bertujuan untuk memeratakan kesempatan hingga memajukan semua orang dengan memberi peluang yang sama.


"Gojek dan Tokopedia mempersembahkan sebuah kekuatan kebersamaan, GoTo. Melangkah jauh, melangkah bersama," lanjut narasi tersebut.

Sementara itu, jajaran investor utama GoTo berisi sejumlah perusahaan raksasa dunia. Sebut saja Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, hingga Visa.

Senior Vice Presiden Alibaba Group, Michael Yao, selaku perwakilan investor menyatakan bahwa pihaknya melihat peluang besar di wilayah Indonesia. Michael menilai kolaborasi Gojek dan Tokopedia ini akan menguatkan posisi mereka dan menciptakan nilai tambah bagi karyawan, konsumen dan industri secara keseluruhan.

Sebelumnya, kabar merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo sudah kencang berhembus sejak beberapa waktu lalu. Bloomberg memberitakan bahwa GoJek dan Tokopedia telah menandatangani lembar persyaratan yang akan digunakan untuk melakukan uji tuntas.

Dalam informasi yang lain, GoJek dan Tokopedia dikatakan telah mempertimbangkan potensi merger sejak tahun 2018 lalu. Kedua belah pihak dikabarkan mempercepat penggabungan setelah diskusi kerjasama antara GoJek dan Grab Holdings Inc. menemui jalan buntu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait