Buruh Boikot Indomaret Mulai Hari Ini, Begini Tuntutan Untuk Perusahaan
Official Site
Nasional

Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz mengungkapkan rata-rata belanja buruh di Indomaret bisa mencapai Rp 1 juta per bulan.

WowKeren - Aksi boikot produk Indomaret oleh buruh akan dimulai pada Kamis (27/5) hari ini. Menurut Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz, aksi boikot tersebut akan diawali dengan sosialisasi.

"Pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB di kantor pusat Indomarco, ada orasi dan awalan aksi untuk di seluruh daerah kemudian," tutur Riden kepada CNN Indonesia. "Karena mengikuti protokol kesehatan, buruh yang terlibat maksimal 50 orang dari FSPMI semua."

Riden mengklaim aksi boikot ini akan diikuti oleh jutaan buruh yang tergabung dalam sembilan serikat buruh yang merupakan afiliasi dari KSPI dan dua konfederasi buruh di luar KSPI. Ia akan berorasi agar salah satu anggota FSPMI, Anwar Bessy, yang diduga dikriminalisasi dibebaskan dari tuntutan pidana.

"Intinya hanya membebaskan Anwar Bessy dan pekerjakan kembali," kata Riden. "Ini nanti statemen yang akan saya sampaikan."


Apabila pihak perusahaan tidak menunjukkan itikad baik, FSPMI berencana memasang spanduk bertajuk "Tidak Belanja di Indomaret Karena Kriminalisasi Buruh" mulai hari ini. Riden juga akan mempertimbangkan proses negosiasi yang kemungkinan ditawarkan pihak perusahaan.

"Kalau nanti ada proses negosiasi misalnya, tentu akan kami lihat negonya ini hanya mengulur waktu atau ingin menyelesaikan masalah, nanti akan saya baca," ungkapnya. "Kalau ini win-win, nanti saya akan umumkan misal manajemen beritikad baik, tapi kalau tidak, ya tetap diteruskan boikotnya hari ini."

Menurut Riden, rata-rata belanja buruh di Indomaret bisa mencapai Rp 1 juta per bulan. Sedangkan jumlah buruh yang diklaim akan mengikuti aksi ini mencapai jutaan orang.

"Kalau mengacu pada data KSPI saja anggotanya mencapai 2,2 juta lebih yang sudah tercatat, FSPMI sendiri anggotanya 230 ribu orang, di 160 kota dan kabupaten," pungkasnya. "Rata-rata buruh belanja di Indomaret itu Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta per bulan, kalau rata-rata Rp 500 ribu, silakan saja dikalikan dengan jumlah anggota."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait