Banyak Ditonton Ilegal, Ini Pendapat Warga Korea Utara Tentang 'Crash Landing On You'
tvN
TV

Menurut laporan Daily NK, yang mengkhususkan diri dalam berita Korea Utara, warga menonton drama itu melalui USB dan kartu SD yang dikirimkan oleh penyelundup, pedagang Tiongkok serta kurir ponsel.

WowKeren - Warga Korea Utara memang telah dilarang untuk menonton drama-drama dari Korea Selatan. Meski begitu, banyak warga yang masih nekat menonton secara ilegal hingga beberapa di antara mereka akhirnya ditangkap dan dijatuhi hukuman.

Salah satu drama yang banyak disaksikan warga Korea Utara adalah "Crash Landing On You". Menurut laporan Daily NK, yang mengkhususkan diri dalam berita Korea Utara, warga menonton drama itu melalui USB dan kartu SD yang dikirimkan oleh penyelundup, pedagang Tiongkok serta kurir ponsel.

Konon, reaksi warga Korea Utara yang menonton "Crash Landing On You" terbagi menjadi kritis dan positif. Pendapat kritis menunjukkan bahwa drama yang memasangkan dua aktor besar yakni Son Ye Jin dan Hyun Bin itu tidak sesuai kenyataan.

Mereka mengatakan bahwa, "putra Biro Politik Umum adalah seorang komandan kecil di provinsi tersebut", "penjaga pembelot Korea Utara", "mengapa orang-orang di Gaesung menggunakan nada Yanggang" dan "adegan di mana seluruh unit tentara pergi ke Korea Selatan dengan nyaman" adalah beberapa bagian drama yang sulit dipercaya.


Namun beberapa orang Korea Utara secara positif memuji "Crash Landing On You". "Itu adalah kisah cinta antara seorang pria dan wanita yang hidup di dunia yang berbeda," ungkap seorang warga. "Baguslah mereka tidak berbicara buruk tentang kita," sambung yang lain.

"Ada upaya yang baik untuk menggambarkan kehidupan kita yang biasa apa adanya tanpa berbicara buruk tentang pemerintah," tambah warga lain. "Drama ini menunjukkan anak-anak Korea Utara yang membelot dan menggambarkan secara realistis barang-barang di pasar," pungkas yang lainnya.

Di sisi lain, media propaganda asing Korea Utara Uriminzokkiri mengkritik drama itu dengan mengatakan, "Kami secara aktif terlibat dalam propaganda konspirasi yang membuang film anti-Republik serta drama TV palsu dan tidak murni yang penuh dengan fabrikasi."

Sementara itu, "Crash Landing On You" menceritakan percintaan antara pebisnis wanita Yoon Se Ri (Son Ye Jin) dan prajurit Korea Utara Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin). Ketika Yoon Se Ri tanpa sengaja memasuki wilayah Korea Utara, Ri Jeong Hyeok membantu menyembunyikannya. Mereka secara perlahan saling jatuh cinta.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait