Tampak Berbeda Dari Sebelumnya, Desain Tugu Pamulang Baru Menyimpan Filosofi Mendalam
Nasional

Tahap renovasi Tugu Pamulang saat ini diketahui telah selesai. Penampakan desain Tugu Pamulang yang baru tampak berbeda dari sebelumnya, dan sarat akan makna.

WowKeren - Tugu Pamulang yang sebelumnya sempat direnovasi, kini diketahui telah selesai. Bahkan penampakan Tugu Pamulang yang baru itu terlihat berbeda dari sebelumnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan menuturkan bahwa wajah baru Tugu Pamulang setelah direnovasi itu menyimpan filosofi mendalam. "Motifnya didesain sedemikian rupa agar menggambarkan masyarakat Tangsel yang cerdas, modern, dan religius," tutur Arlan kepada Kompas.com, Senin (10/1).

Lebih lanjut, Arlan menjelaskan bahwa ada tiga motif utama pilar ornamen yang sarat akan makna di Tugu Pamulang saat ini. Pertama, motif melati yang menggambarkan masyarakat dengan pemikiran terbuka atau open minded, eksklusif, dan menarik.


Kemudian, motif Mandalika Batik Banten, kata Arlan yang mempresentasikan karakter Pangeran Arya Mandalika dari Kesultanan Banten sebagai sosok yang bijaksana, kuat, lembut, dan rendah hati. Terakhir, motif Tumpal Batik sebagai simbol Betawi yang menggambarkan masyarakat harmonis, serta sebagai penolak bala.

Selain itu, Arlan menerangkan bahwa Tugu Pamulang juga dilengkapi corak perahu dan ombak dalam ornamen untuk mengingatkan histori kejayaan maritim kesultanan Banten. Selanjutnya, ada juga enam tiang yang melambangkan rukun iman, lalu juga terdapat lima baris ombak yang melambangkan rukun islam.

Tak berhenti di situ, Arlan menyampaikan masih ada simbol enam kitab hadis di bagian atas tugu. "Di atas ada bentuk buku yang menggambarkan masyarakat Tangsel sebagai masyarakat yang intelektual, berpendidikan, dan cerdas," lanjut Arlan.

Sebelumnya, M. Tranggono yang kala itu masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten mengungkapkan bahwa Tugu Pamulang sengaja dibuat dan didesain menyerupai Tugu Banten Lama yang berada di kompleks Masjid Agung Banten. Namun dibentuk lebih minimalis dan hanya mengadopsi bagian kubah di atas menara.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru