Thailand Kirim Pad Krapao Dalam Percobaan Luar Angkasa Pertama Balon Altitudo Tinggi
Dunia

Sepiring Pad Krapao dikirim ke angkasa oleh Badan Pengembangan Teknologi Geo-Informatika dan Antariksa Thailand (GISTDA). Hal itu menandai percobaan luar angkasa perdana menggunakan high altitude balloon.

WowKeren - Sebuah tim peneliti di Thailand pada hari Kamis (10/2) mengirim salah satu hidangan khas Negeri Gajah Putih itu ke atmosfer sebagai bagian dari program luar angkasa. Badan Pengembangan Teknologi Geo-Informatika dan Antariksa Thailand (GISTDA) mengirim sepiring makanan populer Thailand, pad krapao, untuk eksperimen luar angkasa. Sepiring Pad Krapao itu diikat ke balon altitudo tinggi (high altitude balloon) dan mengirimnya 30 kilometer ke langit untuk eksperimen tersebut.

Untuk menandai percobaan luar angkasa perdana menggunakan high altitude balloon, Thailand sepiring besar pad krapao juga dikirim. Pad krapao yang merupakan salah satu menu makanan utama di Thailand, adalah daging tumis dengan daun kemangi dan cabai yang disajikan menggunakan nasi dan telur goreng.

Peluncuran ini juga memulai Platform Eksperimen High-Altitude di pusat studi alam Bueng Boraphet di provinsi tengah Nakhon Sawan. Menurut Amarin Pimnoo, seorang insinyur GISTDA sekaligus kepala proyek Eksplorasi Luar Angkasa Nasional, eksperimen tersebut bertujuan untuk mengeksplorasi efek dari dataran tinggi pada nutrisi,


"Apakah Pad Kaprao kita bisa dimakan di luar angkasa? Apakah salah satu nutrisi akan hancur atau akan membaik? Mari kita tunggu," ujarnya.

"Inti dari penerbangan ini adalah kami telah membuat Platform Eksperimen Ketinggian Tinggi," sambung Amarin Pimnoo

Dengan makanan Thailand yang semakin populer di seluruh dunia, kemungkinan besar menu tersebut akan dibuat sebagai salah satu menu makanan untuk di ruang angkasa. Pad krapao dipilih untuk penelitian karena enak dan mudah disiapkan dengan biaya rendah. Akan tetapi perlu dicatat dan digarisbawahi bahwa tidak semua jenis masakan Thailand harus diselidiki di luar angkasa.

Sementara itu, menurut Tatiya Chuentrakul selaku wakil direktur departemen pengembangan pengetahuan dan kolaborasi GISTDAP, Platform Eksperimen High-Altitude mungkin berfungsi sebagai model untuk kegiatan penelitian sains dan teknologi Thailand. High altitude balloon atau balon altitudo tinggi diketahui dapat digunakan untuk mengeksplorasi efek ruang dekat pada bahan lain, yang berpotensi mengarah pada pertanian di luar angkasa.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait