Ingin Segera Keluar Dari Pandemi COVID-19, Pemerintah Siapkan Strategi Ubah Status Jadi Endemi
Nasional

Sudah dua tahun lamanya Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Pemerintah pun terus berupaya untuk bisa segera mengakhiri pandemi dan beralih menjadi endemi.

WowKeren - Hingga saat ini, pemerintah Indonesia masih terus berupaya untuk bisa menang melawan pandemi COVID-19 yang sudah terjadi selama dua tahun di Tanah Air. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin belum lama ini mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi COVID-19 menjadi endemi.

"Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden (Joko Widodo) tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya," tutur Budi dalam konferensi pers secara daring, Senin (28/2).

Budi mengatakan bahwa Jokowi juga meminta agar keputusan mengubah status pandemi COVID-19 menjadi endemi dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan berbagai pendekatan, baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi.

Berdasarkan informasi yang tertuang dalam laman itjen.kemdikbud.go.id, endemi sendiri merupakan penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Istilah pandemi dan endemi juga tidak menggambarkan tingkat keparahan dari suatu penyakit, tetapi hanya menggambarkan prevalensinya. Maknanya, penyakit tersebut masih ada.


Sementara itu, endemi juga merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu. Adapun contoh penyakit endemi di Indonesia adalah Malaria dan Demam Berdarah Dengue atau DBD.

Sementara untuk pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas. Pandemi biasanya merupakan epidemi yang menyebar hampir di seluruh negara atau benua, dan biasanya mengenai banyak orang, seperti COVID-19 yang sudah menjadi salah satu contoh penyakit yang menjadi pandemi.

Seiring berjalannya waktu, keduanya pun bisa berubah menjadi berkebalikan. Saat suatu negara telah mengubah statusnya dari pandemi menjadi endemi, maka tidak menutup kemungkinan, suatu saat akan kembali berubah menjadi pandemi.

Sejauh ini, pemerintah diketahui menyampaikan bahwa Indonesia masih terus menyusun strategi untuk mengubah pandemi COVID-19 menjadi endemi. Terlebih, Jokowi juga minta agar hal tersebut dipertimbangkan secara hati-hati dan saintifik dalam berbagai aspek seperti kesehatan, sosial budaya, dan ekonomi.

Budi menjelaskan bahwa Jokowi meminta agar keputusan perubahan status dari pandemi COVID-19 ke endemi itu dipertimbangkan secara matang. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Indonesia akan melakukan transisi menuju endemi secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait