Gubernur Bali Pantau Kedatangan Wisman di Bandara Ngurah Rai, Penggunaan e-HAC Percepat Proses
Nasional

Wisatawan mancanegara itu telah kembali berdatangan di Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Kedatangan wisman kali ini terpantau berjalan baik dan lancar.

WowKeren - Selama perayaan Hari Raya Nyepi pada Kamis (3/3) lalu, seluruh aktivitas di Bali dihentikan sementara waktu selama 24 jam yakni hingga Jumat (4/3) pukul 06.00 WITA. Namun pada Jumat (4/3) kemarin, segala aktivitas di Bali sudah dimulai kembali, termasuk operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Di hari yang sama, Bandara I Gusti Ngurah Rai pun juga kembali melayani penerbangan rute internasional. Diketahui ada tiga maskapai yang mendarat dan beroperasi secara reguler, yakni Jetstar rute Singapura-Denpasar PP, Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar dan Scoot Tiger Air rute Denpasar-Singapura PP.

Pada kedatangan perdana Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar, Gubernur Bali Wayan Koster, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, pun meninjau alur kedatangan penumpangan di Bandara Ngurah Rai.

Selain itu ada juga GM PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Putu Eka Cahyadi dan stakeholder Komunitas Bandara lainnya juga mendampingi.


"Baru saja kami memantau kedatangan penumpang Garuda Indonesia dari Sydney ke Bali dengan membawa 60 penumpang, terdiri 47 penumpang WNA dan 13 penumpang WNI," ujar Koster dalam konferensi pers di Bandara, Jumat (4/3).

Koster mengatakan bahwa pemantauan yang dilakukan adalah mulai dari kedatangan penumpang di terminal, pemeriksaan e-HAC, dan pengambilan tes PCR yang berlangsung jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan 16 Februari lalu.

Selain itu, kata Koster, keseluruhan SOP kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) itu juga berjalan baik dan lancar. Menurutnya, hal ini merupakan buah hasil dari beberapa evaluasi yang dilakukan dan diperbaiki.

Koster mengungkapkan hingga saat ini tercatat sudah ada 11 penerbangan internasional ke Bali. Di antaranya adalah Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Scoot Tigerair, Jet Airways, Jetstar, KLM, AirAsia, Batik Air, Qantas, Turkish Airlines dan Virginia Air.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pemerintah memberlakukan kebijakan baru yakni penggunaan Electronic Health Alert Card (e-HAC) bagi pelaku perjalanan pesawat domestik yang telah berlaku sejak Kamis (3/3). Hal ini dilakukan dengan tujuan mengantisipasi terjadinya antrean panjang saat melakukan check in dan pemeriksaan dokumen.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait