Uji Coba Aturan Bebas Karantina Untuk Turis Asing di Bali Dimulai Hari Ini, Berikut Syaratnya
Unsplash/Oliver Sjöström
Nasional

Menurut Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting, uji coba bebas karantina ini akan dievaluasi sepekan sekali.

WowKeren -

Uji coba aturan bebas karantina untuk turis asing di Bali dimulai pada Senin (7/3) hari ini. Ini lebih cepat dibanding rencana awal 14 Maret 2022 mendatang.

"Sah! Sesuai arahan dari Bapak Presiden @jokowi, sudah diputuskan bahwa mulai 7 Maret 2022 Bali akan diujicobakan bebas karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang telah vaksin lengkap dan juga booster," tulis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Instagram resminya.

Menurut Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting, uji coba bebas karantina ini akan dievaluasi sepekan sekali. Evaluasi tersebut meliputi evaluasi SOP, status kesehatan, dan pengukuran sinyal virologi serta epidemiologi di masyarakat.


"Uji ciba dilakukan evaluasi per minggu, dievaluasi SOP-nya, dimonitor status kesehatannya, dan pengukuran signal virologi dan signal epidemiologi di masyarakat," ujar Ginting kepada Kompas.com, Minggu (6/3).

Berikut sejumlah syarat yang harus dipenuhi PPLN untuk bisa bebas dari kewajiban karantina:

  1. Sudah divaksin dosis lengkap atau vaksin booster
  2. Menunjukkan hasil tes swab PCR negatif sebelum keberangkatan (saat masih di negara asal)
  3. Mengikuti tes swab PCR pada saat tiba di Bali, dan di hari ke-3
  4. Memiliki bukti lunas pemesanan hotel minimal 4 hari di Bali
  5. Memiliki asuransi kesehatan yang menjamin COVID-19

Selain aturan bebas karantina, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali juga akan memberlakukan aturan aturan pembukaan Visa Kunjungan Saat Kedatangan atau Visa on Arrival (VOA) khusus untuk wisatawan dari 23 negara.

"Dari sisi bandara, kami sudah menyiapkan alur untuk visa on arrival. Jadi, kami menyiapkan empat alur tetapi dengan sebanyak 8 konter. Fasilitas-fasilitas untuk VoA sudah kami siapkan," papar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Senin.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait