Demo 21 April di Jakarta: Berikut Tuntutan Mahasiswa-Ruas Jalan yang Bakal Ditutup Selama Aksi
Nasional

Pada Kamis (21/4) hari ini, aliansi BEM SI Kerakyatan akan kembali menggelar aksi demo di kawasan gedung DPR/MPR RI. Polisi pun mengatur sejumlah rekayasa lalu lintas.

WowKeren - Setelah melakukan aksi unjuk rasa pada 11 April 2022 lalu, kini para mahasiswa tampaknya kembali turun ke jalan pada Kamis (21/4) hari ini. Alian Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan disebut bakal melakukan aksi demo di Jakarta.

Bayu Satria selaku Ketua BEM Universitas Indonesia (UI) mengatakan bahwa ia dan para mahasiswa lain yang tergabung dalam BEM SI Kerakyatan akan melaksanakan aksi demo pada 21 April 2022 di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Bayu mengungkapkan bahwa ada dua aksi demo yakni di Patung Kuda dan DPR.

Menurut Bayu, dalam aksi demo kali ini, terdapat tujuh tuntutan yang akan disampaikan oleh para mahasiswa yakni tindak tegas para pejabat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Lalu turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi.

Ketiga, menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif. Keempat, wujudkan pendidikan ilmiah, gratis dan demokratis.

Selanjutnya, sahkan RUU pro rakyat, tolak RUU pro oligarki. Keenam, wujudkan reforma agraria sejati, dan terakhir adalah tuntaskan seluruh pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).


Sehubungan dengan aksi demo tersebut, Polda Metro Jaya lantas berencana menutup akses jalan menuju Istana Negara dan Gedung DPR/MPR pada Kamis (21/4) mulai pukul 09.00 WIB. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi demo.

Maka dari itu, Sambodo mengimbau kepada pengguna jalan agar mengambil rute alternatif apabila terdampak penutupan arus lalu lintas tersebut. Penutupan ini akan diberlakukan di tiga lokasi yang akan dijadikan titik kumpul aksi demo mahasiswa.

Berdasarkan informasi yang didapat dari akun Twitter @TMCPoldaMetroJaya, pengalihan arus lalu lintas di sekitar depan gedung DPR/MPR/DPD RI meliputi Jalan Gatot Subroto, dibelokkan ke kiri menuju Jalan Gerbang Pemuda. Kemudian arus lalu lintas dari Jalan Gerbang pemuda yang akan belok kiri ke Jalan Gatot Subroto arah barat putar balik di kolong layang Ladogi.

Kemudian arus lalu lintas Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang. Sementara pojokan Wanggala Wanabakti dari timur ke barat mengarah traffic light Slipi yang mengarah ke Palmerah ditutup.

Selanjutnya arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar. Untuk arus lalu lintas Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gelora dibelokkan ke kanan ke Jalan Gerbang Pemuda.

Sedangkan arus lalin dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora dibelokkan ke kiri ke Jalan Asia Afrika. Sementara untuk arus lalin yang dialihkan di kawasan Patung Kuda dan Istana Negara bisa dicek di sini.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait