Sedih Tak Bisa Mudik? Simak Cara Asyik Rayakan Lebaran di Tanah Rantau
Unsplash/Gradikaa Aggi
SerbaSerbi

Meski sudah diizinkan pemerintah, tidak semua orang bisa pulang kampung untuk merayakan Lebaran tahun ini karena alasan tertentu. Simak tips asyik untuk merayakan Lebaran di tanah rantau!

WowKeren - Masyarakat Indonesia kini sudah banyak yang mulai melakukan perjalanan mudik untuk menyambut Idul Fitri di kampung halamannya masing-masing. Mudik Lebaran 2022 juga banyak dinanti mengingat pemerintah sudah melarang mudik dalam dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Meski sudah diizinkan pemerintah, tidak semua orang bisa pulang kampung untuk merayakan Lebaran tahun ini karena alasan tertentu. Hal ini mungkin terasa berat karena harus melewati hari raya tanpa keluarga. Namun demikian, ada sejumlah tips asyik yang bisa dilakukan untuk tetap dapat bersukacita merayakan Lebaran di tanah perantauan.

Kenakan Pakaian Terbaikmu

Mengenakan pakaian terbaik yang bisa mengangkat rasa percaya diri menjadi salah satu cara asyik untuk merayakan Idul Fitri di tanah perantauan. Meski jauh dari keluarga, kamu tetap bisa merasa istimewa dengan mengenakan baju baru dan tampil semaksimal mungkin.

Salat Idul Fitri Bersama Tetangga atau Teman

Jauh dari rumah bukan berarti kita harus merayakan Idul Fitri dalam kesendirian. Bergabunglah dengan tetangga atau teman untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Diketahui, pemerintah memang telah mengizinkan salat Idul Fitri berjemaah tahun ini. Namun tetap perhatikan protokol kesehatan, ya!

Masak Hidangan Spesial Idul Fitri

Asah kemampuan memasak menu Lebaran kamu di masa liburan ini. Mulai dari opor ayam, ketupat, hingga rendang, kamu bisa mencari resep lengkap di internet dan mempraktekkannya secara langsung.


Pamerkan hasil masakanmu kepada keluarga di rumah. Dijamin seru dan bikin kenyang.

Hubungi Keluarga

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan di masa Lebaran adalah menghubungi keluarga di rumah. Lakukan video call sehingga keluarga yang jauh bisa terasa dekat.

Kamu bisa memamerkan hasil masakanmu kepada keluarga di kampung halaman. Atau melakukan video call dengan mengenakan pakaian seragam keluarga.

Rayakan Idul Fitri bersama Teman

Ajak teman-temanmu yang sama-sama tidak bisa pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama. Kalian bisa membuat perayaan kecil-kecilan atau hanya sekadar makan bersama di Hari Raya.

Tekuni Hobi Saat Libur Lebaran

Saat harus tinggal di tanah perantauan pada masa libur Lebaran mungkin menjadi waktu yang tepat untuk menekuni hobi yang kamu sukai. Coba berbagai aktivitas yang selama ini kamu minati namun belum sempat lakukan, misalnya membuat kue atau bermain gitar.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi waktu libur Lebaran dengan marathon film atau drama favorit. Membaca buku juga bisa jadi opsi untuk menghabiskan waktu liburanmu!

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru