KM 47 Tol Japek Terapkan Contraflow, Polisi Sebut Warga Dari Bandung Menuju Jakarta Bisa Melintas
Unsplash/Koushik Pal
Nasional

Pihak kepolisian akhirnya membuka jalan tol arah Jakarta per pukul 09.05 WIB. Dengan demikian, warga dari arah Bandung, Jawa Barat, yang menuju Jakarta sudah bisa melewati jalan tol seperti biasa.

WowKeren - Sistem satu arah alias one way sempat diterapkan di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga KM 414 Tol Kalikangkung. Selain one way, pihak kepolisian juga sempat menerapkan ganjil-genap di ruas tol tersebut.

"Karawang Barat KM 47 - GT Kalikangkung KM 414 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY) dan GANJIL GENAP. Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil arah Semarang," tulis Jasa Marga di akun Twitter resminya, Jumat (29/4) pagi ini.

Namun hal ini justru membuat timbulnya kepadatan lalu lintas. Kepadatan dilaporkan terjadi pukul 08.30 WIB.

Pihak kepolisian akhirnya membuka jalan tol arah Jakarta per pukul 09.05 WIB. Dengan demikian, warga dari arah Bandung, Jawa Barat, yang menuju Jakarta sudah bisa melewati jalan tol seperti biasa.

"Masyarakat dari Bandung yang akan menuju ke Jakarta nanti bisa melewati jalur tol seperti biasa," tutur Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi, Jumat. "Jam 09.05 yang dari Bandung sudah bisa melintas."


Lebih lanjut, Eddy menjelaskan bahwa pihaknya telah menerapkan kebijakan contraflow satu jalur atau di jalur dari KM 47 hingga KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Rekayasa lalu lintas tersebut membuat pengendara dari Bandung yang menuju Jakarta bisa melintas lebih leluasa.

"Rekayasa lalu lintas lainnya akan dilaksanakan cara bertindak contraflow 1 lajur dari KM 47 sampai KM 70 GT Cikampek Utama," papar Eddy.

Adapun penerapan one way baru akan dilakukan dari KM 70 Cikampek Utama hingga KM 414 GT Kalikangkung. "One way tetap dilaksanakan dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama sampai Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung," tukasnya.

Di sisi lain, kondisi arus kendaraan di Tol Cipularang, Purwakarta, dilaporkan sempat macet total sejak Jumat dini hari. Arus lalu lintas di Tol Cipularang arah Bandung ke Jakarta disebut sempat lumpuh total imbas penerapan one way di KM 47 Tol Japek sejak Kamis (28/4).

"Kendaraan berhenti dan tidak bergerak sama sekali mulai dari pintu masuk Tol Kalihurip Utama sampai beberapa kilometer ke belakang," tutur jurnalis Hendra Setiawan dilansir Kompas TV.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru